Sederet Manfaat Hipnoterapi Untuk Kesehatan Mental, Bisa Kendalikan Rasa Sakit dan Stress

JABAR EKSPRES – Tanggal 4 Januari diperingatai sebagai hari hipnotis sedunia. Istilah  hipnotis mungkin sudah tidak asing, karena  memang bukan hal baru lagi. Meski sempat disalah gunakan untuk melakukan kejahatan, namun kini ilmu turunannya yakni Hipnoterapi juga bisa digunakan untuk berbagai terapi kesehatan mental, salah satunya stres.

Hipnoterapi, atau terapi hipnosis, adalah bentuk terapi yang melibatkan penggunaan hipnosis untuk mencapai tujuan tertentu, seperti perubahan perilaku, manajemen stres, atau pengurangan rasa sakit.

Penerapannya tidak hanya untuk orang dewasa saja, tapi bisa untuk segala umur, bahkan untuk janin dalam kandungan, juga bisa digunakan dengan metode khusus untuk membuatnya lebih rileks.

Baca juga : 78 Penyuluh Agama di Jabar Dapat Sertifikasi Hipnoterapi oleh Baznas

Para Psikolog seringkali menggunakan metode ini untuk membuat pasiennya bisa mengendalikan diri. Misalnya yang sedang mengalami gangguan kecemasan, gangguan panik atau gangguan mental lainnya.

Berikut beberapa manfaat hipnoterapi untuk kesehatan mental:

1. Manajemen Stres dan Kecemasan

Hipnoterapi dapat membantu meredakan kecemasan, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan mental.

2. Pengendalian Rasa Sakit

Beberapa orang menggunakan hipnoterapi sebagai metode pengurangan rasa sakit, baik untuk masalah kronis atau untuk membantu mengelola rasa sakit selama prosedur medis.

3. Berhenti Merokok atau Kebiasaan Buruk Lainnya

Hipnotis dengan terapi khussu juga dapat membantu individu dalam usaha mereka untuk berhenti merokok atau mengubah kebiasaan buruk lainnya dengan mempengaruhi pikiran bawah sadar.

Baca juga : Mengenal Depersonalization Disorder yang Viral di TikTok, Begini Penjelasannya

4. Peningkatan Kesehatan Mental

Meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, dan pemahaman diri melalui hipnoterapi dapat berkontribusi pada kesehatan mental yang lebih baik.

5. Meningkatkan Kinerja

Beberapa orang mencari terapi yang satu ini untuk meningkatkan kinerja mereka dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pekerjaan atau olahraga.

6. Mengatasi Gangguan Tidur

metode terapi satu ini  dapat membantu mengatasi masalah tidur dengan merilekskan pikiran dan tubuh.

Penting untuk dicatat bahwa respons terhadap hipnoterapi dapat bervariasi antar individu, dan hasilnya dapat bergantung pada sejumlah faktor, termasuk keyakinan individu dan kerja sama dengan terapis hipnosis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan