Sumedang Diguncang Gempa Lagi, Terkini Magnitudo 4,8 Terasa hingga Bandung

JABAR EKSPRES –  Sumedang Jawa Barat kembali diguncang gempa 4,8 M, Minggu 31 Desember 2023 pukul 20.34.

BMKG melaporkan gempa berpusat di  Lok:6.85LS, 107.87BT (5 km BaratLaut KAB-SUMEDANG-JABAR) di kedalaman 10 Km.

“Gempa sangat terasa di wilayah Kecamatan Conggeang, cukup besar hingga kaca rumah bergetar,” ucap seorang warga Kecamatan Conggeang, Risda Fitriana, Minggu (31/12/2023) dikutip dari Sumedangekspres.com

Gempa yang berlangsung beberapa detik itu tidak menimbulkan kerusakan namun warga tetap waspada.

“Namun, gempa cukup membuat panik warga hingga banyak yang keluar rumah,” terangnya.

Sebelumnya  gempa bumi tektonik M3,4 juga mengguncang KAB. SUMEDANG pukul 15:38:10 WIB, wilayah KAB-SUMEDANG-JABAR dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,4. Episenter terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 km TimurLaut Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada kedalaman 6 km. 

 

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas III MMI *(Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Artikel ini telah tayang di sumedangekspres dengan judul https://sumedang.jabarekspres.com/2023/12/31/gempa-bumi-kembali-guncang-sumedang/

Tinggalkan Balasan