Jelang Tahun Baru Volume Kendaraan yang Masuk ke KBB Meningkat, Puncaknya Diprediksi Hari Minggu

Jabar Ekspres – Peningkatan volume kendaraan menjelang tahun baru terjadi di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Mayoritas kendaraan didominasi berasal dari luar kota yang masuk ke wilayah Bandung Barat.

Diketahui sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Bandung Barat mencatat, kunjungan kendaraan ke KBB meningkat hingga mencapai 40 persen. Bahkan, kendaraan yang masuk mencapai 37.347.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto memprediksi, gelombang kedua kedatangan wisatawan ke kawasan wisata Lembang, diprediksi terjadi pada Sabtu (29/12/2023).

“Kunjungan wisatatawan bakal kembali terjadi kenaikan. Apalagi sebelumnya kenaikan kunjungan pada momen libur panjang Hari Natal kemarin terjadi,” katanya.

Ia menambahkan, meski lonjakan wisatawan bakal terjadi pada Sabtu (30/12/2023), namun, puncaknya bakal terjadi pada Minggu (31/12/2023) mendatang.

“Hingga saat ini wisata Lembang belum ditinggalkan oleh para wisatawan walaupun libur Natal telah usai sejak Selasa (26/12/2023) lalu,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya mencatat ada 8.059 kendaraan dari arah Bandung ke Lembang. Sementara itu, sebanyak 26.465 yang mengarah dari Bandung ke Lembang sehari setelahnya.

“Jadi memang masih banyak juga wisatawan yang liburan ke Lembang, karena libur sekolah masih panjang,” katanya.

Ia menyebut, kepadatan lalu lintas terjadi di kawasan wisata Lembang dipicu lantaran mobilitas kendaraan baik masuk maupun keluar Lembang cukup tinggi.

“Kemudian banyak yang mau masuk ke objek wisata tapi parkirannya penuh, maka kita arahkan untuk mengarah ke kantong parkir di titik lain,” katanya.

Ia menegaskan, pihaknya menerapkan rekayaaa lalu lintas dengan cara bertindak oneway sepenggal untuk mengurai kepadatan kendaraan di Jalan Raya Lembang.

“Sampai hari ini oneway sepenggal jadi cara yang paling efektif untuk mengurai kepadatan di Jalan Raya Lembang,” pungkasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan