Meski Kasus Covid-19 Landai, Dinkes KBB Tetap Ajukan Stok Vaksinasi

JABAR EKSPRES – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus Covid-19 di wilayahnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjayanto mengatakan, meski di wilayahnya kasus Covid-19 landai. Namun, pemantauan terhadap kasus tersebut terus dilakukan. Hal tersebut dilakukan seiring adanya peningkatan kasus Covid di Indonesia.

“Oleh karena itu, pengawasan terus dilakukan hingga tingkat daerah. Kasus Covid-19 terus menurun di Kabupaten Bandung Barat dan kita terus melakukan pengamatan terkait penyebaran virus tersebut,” katanya saat ditemui, Jumat (29/12/2023).

BACA JUGA: Longsor Tebing Setinggi 20 Meter, Jalan Penghubung di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung Terputus

Menurutnya, hingga saat ini, Dinkes Bandung Barat secara maksimal terus menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan juga dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di kita terus disiapkan seperti ruangan perawatan bagi pasien Covid-19,” tambahnya.

Masih kata Hernawan, saat ini pihaknya tetap menyiapkan ruangan perawatan bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat. Kendati demikian, kasus tersebut tidak terjadi kenaikan signifikan di wilayahnya.

“Kondisi di Kabupaten Bandung Barat terkait kasus Covid-19 aman. Tapi kita tetap lakukan langkah-langkah antisipasi,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini pun Dinkes KBB masih terus mengimbau masyarakat yang masih belum melakukan vaksinasi Covid-19. Hal tersebut dilakukan agar kekebalan masyarakat terhadap virus itu terus kuat.

“Untuk stok vaksin kita sudah mengajukan stok vaksin tinggal menunggu saja baik bagi yang belum maupun yang akan melengkapi vaksinnya,” katanya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar kesehatan masyarakat tersebut terjaga serta dapat terhindar dari penyakit.

“Salah satunya adalah dengan menjaga stamina dengan memenuhi asupan gizi dan juga menjaga kebersihan badan maupun lingkungan,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan