3 Bahaya Konsumsi ‘Hahu Hoheng’ Panas Bagi Kesehatan, Nomor 3 Paling Parah

JABAR EKSPRES – Anda berniat ikut tren hahu hoheng panas? sebaiknya ketahui terlebih dahulu 3 bahaya mengkonsumsi hahu hoheng panas di bawah ini.

Sebagaimana diketahui, saat ini viral di berbagai platform media sosial, tren makanan ‘hahu hoheng’ atau tahu goreng yang sangat panas.

Banyak orang yang penasaran untuk mencoba dan berbagi pengalaman mereka di media sosial, karena ingin tahu bagaimana rasanya menyantap tahu putih goreng yang baru saja matang, kemudian dicelupkan ke dalam bubuk cabai pedas, dan langsung disantap dalam keadaan panas.

Namun, ketahuilah bahaya mengikuti tren hahu hoheng tersebut bagi kesehatan Anda.

Seperti dilansir dari video yang diunggah dr. Kevin Mak, seorang dokter dan pembuat konten kesehatan di TikTok, ia membagikan konten edukasi bahaya konsumsi hahu hoheng yang viral tersebut.

“Suhu tinggi yang ekstrim ketika langsung masuk ke dalam mulut dapat menyebabkan 3 bahaya ini pada kesehatan kamu,” kata dr. Kevin Mak, dikutip dari video TikToknya.

3 Bahaya Konsumsi ‘Hahu Hoheng’ Panas Bagi Kesehatan

Berikut 3 bahaya konsumsi hahu hoheng panas yang lagi tren bagi kesehatan:

1. Mengakibatkan Sariawan dan Luka pada Mulut

“Mulut kita terdiri dari lapisan yang lunak dan rentan terhadap perubahan suhu yang ekstrim,” ujar dr. Kevin Mak.

Sehingga, mengkonsumsi tahu goreng yang digoreng dalam minyak panas dan dicelupkan ke dalam bubuk cabe, kemudian langsung dimakan dalam keadaan panas-panas, dapat merusak lapisan lunak pada mulut.

Suhu tinggi yang ekstrim dapat menyebabkan sariawan dan luka pada mulut, karena pertahanan alami mulut terganggu.

BACA JUGA: VIRAL, Hadiah Natal Untuk Ibu dengan Hadirkan Ayah yang Sudah Meninggal Pakai AI

2. Menyebabkan Radang Tenggorokan

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas dapat mengganggu pertahanan tenggorokan.

“Sehingga dapat menyebabkan nyeri menelan, sakit tenggorokan, atau lebih parah lagi bisa bikin luka di bagian belakang tenggorokan,” jelas dr. Kevin Mak.

BACA JUGA: 10 Makanan yang Merugikan Ginjal Kamu Tanpa Disadari

3. Meningkatkan Risiko Kanker Kerongkongan

Kemudian beberapa penelitian juga mengaitkan konsumsi makanan atau minuman dengan suhu tinggi dengan peningkatan risiko kanker kerongkongan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan