Tol Cinere Jagorawi Seksi 3B Dibuka Gratis, Sampai Kapan?

JABAR EKSPRESTol Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi 3B resmi dibuka pada Jumat dini hari, (22/12/2023). Pada fase awal pengoperasian, jalur tol ini akan berfungsi secara fungsional, sehingga para pengguna jalan tidak akan dikenakan tarif tol.

“Jumat, 22 Desember 2023 mulai pukul 00.00 WIB sudah bisa dilewatin dan belum bertarif khusus untuk kedua ruas tol Cijago Seksi 3B dan Serpong – Cinere Seksi 2. Untuk seksi lainnya yang sudah beroperasi sejak lama tetap berbayar ya,” demikian keterangan yang dikutip dari Instagram @pupr_bpjt, Jumat (22/12/2023).

Selama periode hingga 5 Januari nanti, kendaraan yang melintas di Seksi 3B Tol Cijago, mulai dari Krukut hingga Gerbang Tol Limo Utama, dapat menikmati penggunaan jalur tol ini tanpa dikenakan tarif, alias gratis.

Pengoperasian jalur tol ini diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan, terutama menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Dengan dibukanya Seksi 3B Tol Cijago, secara simbolis menandai penyelesaian pembangunan Tol Cijago yang memiliki panjang sekitar 14,64 kilometer.

BACA JUGA: Keren! Inilah 5 Keunikan Tol Cisumdawu, Jadi Jalan Tol Pertama yang Miliki Terowongan

Dilansir dari laman BPJT Kementerian PUPR, Jalan Tol Cinere-Jagorawi akan menghubungkan beberapa ruas tol JORR 2 lainnya, seperti di sisi Barat dengan Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, dan di sisi Timur dengan Jalan Tol Kunciran–Serpong, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Selain itu, tol ini akan terkoneksi dengan beberapa ruas tol lainnya, termasuk Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Depok-Antasari. Dengan hadirnya Jalan Tol Cinere-Jagorawi, perjalanan dari Bogor menuju ke Jakarta diharapkan akan menjadi lebih lancar, dengan estimasi waktu tempuh sekitar 45 menit.

Proyek ini juga diharapkan meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Jabodetabek serta membantu mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Depok.

Sebelumnya, Jalan Tol Serpong-Cinere sudah beroperasi dengan Seksi 1 dari Serpong ke Pamulang sepanjang 6,50 km yang telah beroperasi sejak April 2021.

Seksi 2 Pamulang-Cinere dengan tambahan 3,64 km telah tersambung, sehingga total panjang Jalan Tol Serpong-Cinere yang beroperasi menjadi 10,14 km.

Jalan Tol JORR 2 memiliki peran krusial dalam menyediakan alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan