Keren! Inilah 5 Keunikan Tol Cisumdawu, Jadi Jalan Tol Pertama yang Miliki Terowongan

JABAR EKSPRES – Setidaknya ada 5 keunikan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) yang diresmikan hari ini Selasa, 11 Juli 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jalan Tol yang digadang-gadang menelan biaya kontruksi hingga Rp5,5 triliun itu dinilai menjadi akses jalan di Jawa Barat yang unik dan tidak biasa.

Sejak awal pembangunan hingga menjelang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa, 11 Juli 2023 hari ini, Jalan Tol Cisumdawu dinilai unik lantaran lekat geografisnya. Pengguna Jalan Tol tersebut nantinya akan disuguhi pemandangan alam yang Indah. Tidak hanya itu, setidaknya ada 5 keunikan yang perlu diketahui.

Selain memperlancar akses perjalanan, Jalan Tol Cisumdawu yang diresmikan pada hari ini Selasa, 11 Juli 2023 oleh Presiden Jokowi disebut-sebut menggunakan teknologi tinggi hingga memiliki terowongan.

BACA JUGA: Gratis! Tol Cisumdawu Diresmikan Hari Ini, Beberapa Seksi Ini Masih Bisa Dilalui Tanpa Tarif

Lalu, apa saja keunikan Jalan Tol Cisumdawu yang diresmikan hari ini Selasa, 11 Juli 2023 oleh Presiden Jokowi?

Dikutip JabarEkspres.com dari binamarga.pu.go.id pada Selasa, 11 Juli 2023, berikut ini adalah 5 keunikan Tol Cisumdawu.

5 Keunikan Tol Cisumdawu

1. Pangkas Jarak Tempuh dari Bandung – Bandara Kertajati, Majalengka

Warga Jawa Barat terutama Bandung yang hendak menggunakan pesawat dari Bandara Ketajati, Majalengka akan di mudahkan dengan adanya aksesTol Cisumdawu. Sebelumnya, jarak tempuh dari Bandung ke Bandara Kertajati waktu 3 jam perjalanan. Namun dengan adanya Jalan Tol Cisumdawu jarak tempuh tersebut dipangkas menjadi 1 jam.

BACA JUGA: Lengkap! Inilah Daftar Perkiraan Tarif Tol Cisumdawu, Bakal Diresmikan Besok oleh Presiden Jokowi

Tidak hanya itu, pengguna jalan dari Bandung ke Cirebon, Indramayu, atau arah Jawa Tengah juga dinilai akan lebih dimudahkan dengan adanya Jalan Tol yang merupakan akses jalan, yang melintasi Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Majalengka tersebut.

2. Miliki 7 Simpang Susun

Sebagai informasi, Tol Cisumdawu memiliki 7 simpang susun yang terdiri dari Simpang Susun (SS) Cileunyi, SS Rancakalong, SS Sumedang, SS Cimalaka, SS Legok, SS Ujung Jaya, dan SS Dawuan. Adanya 7 Simpang Susun atau SS tersebut menjadikan Tol Cisumdawu sebagai akses jalan yang dinilai unik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan