Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung Menggelar Acara Icip-Icip Produk Serba Lokal (Serlok)

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung menggelar acara Icip-Icip Produk Serba Lokal (Serlok) di Taman Dewi Sartika Kota Bandung pada Selasa, 19 Desember 2023.

Kegiatan ini merupakan sebuah program belanja serba lokal sebagai bentuk upaya keberpihakan Pemerintah Kota Bandung dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri melalui pemberdayaan usaha mikro dan koperasi di Kota Bandung.

Melalui program belanja Serlok, seluruh Perangkat Daerah dan Aparatur Sipil Negara Kota Bandung wajib mengutamakan berbelanja kebutuhan barang dan jasa, kepada pelaku usaha mikro, khususnya pada hari Kamis minggu kedua di setiap bulannya.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Nataru di Kota Bandung, Pemkot: Tingkatkan Kewaspadaan

Untuk tahap awal, penggunaan produk Usaha Mikro dan koperasi, diprioritaskan untuk pengadaan makan minum rapat/jamuan dan cindera mata dalam setiap kegiatan rapat/sosialisasi/pelatihan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah.

Program Belanja Serlok yang digagas oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung ini bertujuan untuk mengoptimalkan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sesuai dengan instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta serta sesuai dengan amanat Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 8 tahun 2023 tentang Kemudahan, Pemberdayaan, Pengembangan, Pengawasan dan Pelindungan Koperasi dan Usaha Mikro.

Salah satu amanat yang perlu dukungan semua pihak adalah kewajiban setiap Perangkat Daerah dan BUMD untuk mengalokasikan paling sedikit 40 persen dari nilai anggaran belanja barang/jasa dibelanjakan kepada produk hasil usaha mikro dan koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman menyampaikan, program Icip-icip produk serba lokal dalam rangka Percepatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

“Program serba lokal ini untuk mendukung P3DN salah satu rangkaian acaranya adalah program icip-icip produk serlok,” kata Atet, Selasa (19/12).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan