Traveloka Berikan Dampak Positif bagi Kemajuan Pelaku Usaha Wisata

JABAREKSPRES – Sebagai platform layanan wisata terbesar di Asia Tenggara, Traveloka sangat berperan penting atas keberadaan pariwisata di Indonesia.

Dalam perkembangannya, Traveloka perlu untuk membuat kajian dalam bentuk diskusi bersama para akademisi dan pelaku pariwisata dan membahas perkembangannya.

Presiden Traveloka Caesar Indra mengatakan, diskusi memaparkan hasil studi mengenai dampak sosial ekonomi sektor pariwisata pasca Pandemi Covid 19 yang di rilis oleh PwC Indonesia.

‘’Diskusi digelar diberbagai universitas yang memiiki destinasi unggulan yaitu Bali, Bandung dan Yogyakarta dengan dikuti lebih dari 500 peserta,’’ kata Caesar dalam keterangan.

Diskusi dilakukan secara terbuka dengan bahasan mengenai dampak sosial ekonomi traveloka dan industri pariwisata yang dilakukan berbagai pemangku kepentingan seperti dinas pariwisata daerah.

Menurutnya, berdasarkan hasil studi yang dirilis oleh PwC, keberadaan platform aplikasi Travelka sangat membantu dalam memberikan nilai tambah pada industri pariwisata.

Hasil studi mengatakan, peningkatan Nilai Tambah Bruto (Gross Value Added/GVA) Indonesia dalam kurun waktu empat tahun, mencapai Rp 155 triliun antara tahun 2019 dan 2022.

Dari jumlah tersebut, sektor pariwisata menyumbang hampir Rp 70 triliun, atau 2,70 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

‘’Peran penting dalam mendorong pertumbuhan sektor perjalanan dan pariwisata pasca pandemi di Indonesia dan Asia Tenggara, tubuh sangat signifikan,”ujar Caesar.

Traveloka menyadari kontribusi ini dihasilkan dari ripple effect digitalisasi pariwisata yang berdamak positif terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan.

“Dari hasil studi ini dijadikan bahan diskusi, berkolaborasi dengan para akademisi serta Dinas Pariwisata daerah,’’ujarnya.

Semetara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan, sektor pariwisata di Bali saat ini sudah menggeliat dan telah mencapa target yang ditetapkan pemerintah.

Menurutnya, adanya diskusi dan kajian ilmiah ini sangat bermanfaat dalam pengembangan pariwsata dengan konsep digitalisasi.

Keberadan aplikasi Traveloka memberikan peran penting dalam menyajikan informasi mengenai layanan parwisata sekalaigus jadi referensi informasi mengenai keberadaan destinasi wisata.

Untuk diketahui berdasarkan hasil survei PwC sebanyak 86 persen pelaku usaha setuju bahwa Traveloka telah membantu mempercepat pertumbuhan bisnis di sektor Travel, Tourism, Food, Beverages, dan Lifestyle.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan