Perekrutan Petugas KPPS di Bandung Barat Masih Minim Peminat

JABAR EKSPRES – Pendaftar anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih minim.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat, Rifqi Ahmad Sulaeman menjelaskan, hingga Sabtu, 16 Desember 2023, komisi pemilihan umum KBB menerima 40 persen pendaftaran dari kuota total anggota KPPS.

“Jumlah kebutuhan KPPS di Bandung Barat untuk Pemilu 2024 mencapai 35.616 orang. Mereka akan ditempatkan di 5.088 lokasi tempat pemungutan suara (TPS) dengan rincian 7 orang KPPS untuk masing-masing TPS,” jelasnya.

BACA JUGA: Inflasi di KBB Belum Terkendali, Direktur Puskapolekbang Sebut Nasibnya Bisa Seperti Kota Cimahi

Ia menilai, secara umum masih belum terpenuhi. Karena itu KPU KBB akan mendorong PPS Desa untuk menggencarkan sosialisasi terkait anggota KPPS.

“Kita sudah tugaskan PPS Desa dalam hal ini agar kebutuhan KPPS terpenuhi,” katanya.

Dalam proses seleksi KPPS, KPU bakal memastikan petugas tak berafiliasi parpol atau tim sukses. Oleh karena itu pihaknya akan lakukan skrining data pendaftar di sistem informasi partai politik (Sipol) milik KPU Pusat.

Selain melakukan skrining, KPU mengajak masyarakat luas dan Bawas ikut mengawasi proses pendaftaran anggota KPPS. Supaya petugas KPPS lolos benar-benar netral sehingga menghindari tuduhan kecurangan terhadap penyelenggara Pemilu.

BACA JUGA: Jelang Nataru, Pedagang Cimahi Keluhkan Sepinya Konsumen Imbas Kenaikan Harga Cabai dan Bawang Merah

“Untuk mengecek calon anggota KPPS bukan anggota Parpol disamping membuat surat pernyataan bukan anggota parpol, tentu kita akan cek di Sipol KPU. Karena di peraturan KPU jelas, KPPS gak boleh anggota Parpol,” jelasnya.

Dijelaskan Rifqi, pendaftaran KPPS Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung pada 11-20 Desember 2023. Pendaftaran anggota KPPS ini dilakukan di masing-masing Sekretariat PPS Desa. KPU juga telah menerbitkan surat edaran pengumuman KPPS yang berisi kontak person petugas pendaftaran di masing-masing desa.

“Kami mengajak putra-putri terbaik di Bandung Barat untuk sama-sama menyukseskan Pemilu Serentak dengan ikut mendaftar KPPS, mumpung waktunya masih ada,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan