Jokowi Kenakan Dasi Kuning Saat Akan ke Jepang, Isyarat Ganti Haluan?

Jabar Ekspres – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Jepang untuk melakukan kunjungan kerja selama lima hari. Dalam kesempatan itu, Jokowi tampil dengan mengenakan dasi berwarna kuning yang mencuri perhatian.

Alasan Jokowi mengenakan dasi kuning akhirnya terungkap. Menurut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Jokowi mengaku kesulitan mencari dasi yang sesuai dengan setelan jasnya.

BACA JUGA: Jokowi Akan Bahas Isu Rohingya di KTT ASEAN-Jepang Imbas Masalah yang Tidak Temui Titik Terang

“Tadi beliau cerita, kesulitan mencari dasi, yang ada saja dipakai,” kata Pratikno singkat usai mengantar Jokowi menuju pesawat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Sebelumnya, saat sesi konferensi pers menjelang keberangkatan, Jokowi juga sempat ditanyai wartawan tentang arti dasi kuning yang dikenakannya.

“Pak dasi kuning ada artinya nggak?” tanya wartawan.

Mendengar pertanyaan itu, langkah Jokowi terhenti sejenak. Ia tampak sesaat memperhatikan dan memegangi dasinya, kemudian berseloroh.

“Masa enggak tahu,” ungkapnya Jokowi seraya tersenyum lebar.

BACA JUGA: Buka Munaslub APEKSI, Presiden Jokowi Titipkan Pesan Ini di Hadapan Puluhan Wali Kota

Namun, senyum Jokowi itu tak mampu menutupi rasa penasaran masyarakat Indonesia. Apakah ada pesan spesial di balik pemilihan warna kuning?

Ataukah Jokowi hanya ingin tampil beda di hadapan para pemimpin dunia? Masih belum ada jawaban pasti atas pertanyaan tersebut. Namun, yang pasti, Jokowi tampil dengan percaya diri mengenakan dasi kuningnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan