Grand Cokro Premier Bandung Gelar Aksi Peduli Lingkungan Tanam Pohon

JABARESKPRES – Dalam rangka peringati hari menanam pohon, manejemen Hotel Grand Cokro Premier Bandung bekerjasama dengan yayasan lindungi hutan bekerjsama melakukan penghijauan dengan menanam bibit pohon Alpukat di Desa Bojong Kabupaten Garut dan Desa Jabungan Kota Semarang.

Resident Manager, Grand Tjokro Premiere Bandung Sahmad mengatakan, gerakan penanaman pohon ini dilakukan oleh semua unit grup sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

Menurutnya, sebanyak 500 bibit pohon buah Alpukat berhasil ditanam untuk penghijauan lahan dan mengantsipasi terjadinya bahaya banjir dan longsor.

Bibit Pohon Alpukat ini telah didapatkan dari hasil penggalangan donasi bibit pohon selama 3 bulan terakhir.

‘’Penggalangan bibit pohon Alpukat dimulai pada bulan September 2023,’’ ujar Sahmad dalam keterangannya.

Dia mengatakan, jenis tanaman Alpukat dipilih berdasarkan riset dan rekomendasi dari Yayasan Lindungi Hutan karena memiliki manfaat untuk menjadikan lahan daerah resapan air.

Sedangkan untuk buah Alpukatnya sendiri bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dikomsumsi dan kaya akan nutrisi.

Lokasi penanaman bibit pohon juga telah ditentukan berdasarkan riset. Sebab, disekitar wilayah itu sangat rawan dengan terjadinya bencana banjir dan longsor.

Sementara itu Kordinattotor Yayasan Lindungi Hutan Agam mengatakan, mengawali musim penghujan ini sudah seharusnya kegiatan penanaman pehoh kembali digalakan

Menurutnya, saat ini banyak lahan-lahan kritis yang sudah alih fungsi. Sehingga menanam pohon adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

Kawasan hutan saat ini banyak yag sudah berubah menjadi lahan-lahan pertanian. Hal ini terjadi karena tingkat kebutuhan masyarakat dan pesatnya pembangunan kawasan pemukiman.

Dia menilai, kolabrasi dengan pihak swasta ini sangat penting dilakukan. Sebab, setiap perusahaan harus memiliki rasa tanggungjawab untuk punya kepedulian terhadap lingkungan.

Dengan kolaborasi dan kerjasama ini, harapannya penataan kawasan lahan-lahan krtis  khususnya yang ada di Jawa Barat akan dengan cepat hijau dan terkendali.

‘’Setiap perusahaan tentunya memiiki alokasi dana dari CSR dan ini sangat penting untuk di imlementasikan pada kegiatan penataan lingkungan yang hars berkelanjutan,’’ unjar Agam.

Untuk diketahui, selalin melakukan aksi tanam pohon sebagai tanggungjawab terhadap lingkungan, Hote Grand Cokro Premier Bandung  bekomiten untuk melakukan pengeolaan sampah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan