Gempa Bumi Terkini M 3,2 Guncang Sukabumi, Ini Kata BMKG

JABAR EKSPRES – Gempa bumi terjadi di Kabupaten Sukabumi dengan kekuatan M 3,2 pada Kamis, 14 Desember 2023 pukul 18.08 WIB.

Gempa tersebut berlokasi di 6.73 Lintang Selatan (LS) dan 106.55 Bujur Timur (BT). Sedangkan pusat gempa berada di darat dengan jarak 28 kilometer bagian utara Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, kedalaman dari gempa yang terjadi di Kabupaten Sukabumi ini adalah 10 kilometer.

Gempa bumi tersebut termasuk ketegori MMI II, di mana guncangan yang dihasilkan tergolong lemah, terasa hingga wilayah Pamijahan, Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Gempa Bumi M 4,6 Guncang Kabandungan Sukabumi, 76 Bangunan Rusak

Berikut informasi dari akun X @infoBMKG:

#Gempa (UPDATE) Mag:3.2, 14-Des-23 18:08:31 WIB, Lok:6.73 LS, 106.55 BT (Pusat gempa berada di darat 28 km Utara Kab. Sukabumi), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) II Pamijahan #BMKG

Melansir dari laman bpbd.ntbprov.go.id., gempa bumi merupakan getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam yang terjadi secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Biasanya, gempa bumi disebabkan pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Cara untuk mengukur gempa bumi menggunakan alat Seismometer.

Berdasarkan penyebabnya, terdapat empat jenis gempa bumi, antara lain gempa bumi tektonik, gempa bumi tumbukan, gempa bumi runtuhan, gempa bumi buatan, dan gempa bumi vulkanik (gunung api).

Sedangkan berdasarkan kedalaman, terdapat tiga jenis gempa bumi. Yakni gempa bumi dalam, gempa bumi menengah, dan gempa bumi dangkal.

Baca juga: Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati Ungkap Anak Maju Pileg, Bawaslu Putuskan Hal Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan