Gempa Bumi M 4,6 Guncang Kabandungan Sukabumi, 76 Bangunan Rusak

JABAR EKSPRES– Dampak dari gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,6 Magnitudo yang mengguncang Kabupaten Sukabumi pada Kamis 14 Desember 2023 sekitar pukul 06.35 WIB itu menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan.

Gempa bumi tektonik tersebut terletak pada koordinat 6.7 dan 106.53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 5 km.

Baca juga: Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati Ungkap Anak Maju Pileg, Bawaslu Putuskan Hal Ini

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yudistira, dirinya mengatakan bahwa kerusakan puluhan bangunan tersebut terjadi di beberapa desa yang masuk di wilayah Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

“Berjumlah 76 (bangunan) untuk data sementara, hari ini kami sedang mengklasifikasi data data tersebut. 76 (bangunan) itu dari 5 desa, desa Cipeuteuy, Mekar Jaya, Tugu Bandung, Cimaherang, dan Kabandungan,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Jabar Ekspres pada Kamis 14 Desember 2023.

Dirinya menuturkan, dari kejadian itu ada beberapa kepala keluarga yang mengungsi di tenda darurat untuk mendapatkan keamanan.

“Di Desa Cipeuteuy kita menyediakan dua tenda, itu masyarakat hanya untuk pengamanan sore hari, 13 KK kurang lebih,” jelasnya.

Saat disinggung mengenai jumlah bangunan rusak yang terdampak gempa bumi pada 8 Desember 2023 lalu, dirinya menyampaikan bahwa tidak ada penambahan data bangunan yang terdampak dalam kejadian itu.

“Data untuk yang tanggal 8 itu tetap 137 (ditulis sebelumnya 105) di Desa Cipeuteuy, hanya peningkatan dari rusak ringan menjadi rusak sedang,” tutupnya. (Mg9)

Baca juga: KM 117 Tol Cipularang Ditutup Demo Buruh, Pengemudi Keluhkan Macet 3 Jam

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan