BLT EL Nino Desember 2023 Kapan Cair? Ini Informasi Lengkapnya

JABAR EKSPRES- BLT EL Nino Desember 2023. Dalam menanggapi bencana kekeringan yang dipicu oleh fenomena El Nino, Pemerintah telah mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dengan total anggaran mencapai Rp7,52 triliun, program BLT El Nino ini dirancang untuk memberikan dukungan finansial langsung kepada keluarga yang terdampak. Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan bahwa program ini akan memberikan manfaat kepada 18,8 juta keluarga yang terdampak, dan dibiayai melalui alokasi tambahan dari Kementerian Keuangan.

BACA JUGA: BLT El Nino Desember 2023 Sudah Cair? Ini Cara Cek Status Penerimanya

Proses distribusi bantuan ini dilakukan melalui PT Pos Indonesia, dengan pemilihan penerima manfaat (KPM) berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Bantuan BLT El Nino Desember ini akan diberikan kepada setiap KPM dengan nominal sebesar Rp400 ribu, dan penyalurannya akan dilakukan dalam periode November dan Desember. Metode penyaluran dilakukan secara transfer tunggal oleh pihak Kemensos.

Untuk mengecek apakah seseorang masuk sebagai penerima manfaat, masyarakat dapat mengakses situs ‘Cek Bansos’ melalui laman cekbansos.go.id. Langkah-langkahnya meliputi pemilihan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa atau kelurahan, serta memasukkan nama penerima manfaat sesuai dengan KTP, dan mengisi kode ‘captcha’ yang tersedia. Setelah itu, masyarakat dapat menekan tombol ‘cari data’ untuk melihat daftar penerima.

Bantuan ini akan disalurkan untuk periode November dan Desember, dan penyalurannya dilakukan dalam satu transfer tunggal oleh Kementerian Sosial.

Penerima BLT El Nino 2023 ini dipilih berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), dan masyarakat dapat mengecek status penerimaan melalui situs resmi atau aplikasi “Cek Bansos”.

Alternatifnya, masyarakat juga dapat menggunakan aplikasi ‘Cek Bansos’ yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store. Setelah membuat akun dan mengisi data diri lengkap, mereka dapat memasukkan data username dan kata sandi, memilih ‘cek bansos’, mengisi data sesuai dengan KTP, dan mengklik ‘cari data’ untuk melihat status penerima manfaat.

Demikianlah informasi mengenai cara mengecek status penerima manfaat BLT El Nino Desember 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan