BLT El Nino Desember 2023 Sudah Cair? Ini Cara Cek Status Penerimanya

JABAR EKSPRES- BLT El Nino 2023. Menyikapi dampak kekeringan yang dipicu oleh fenomena El Nino, Pemerintah mengambil langkah proaktif dengan memperkenalkan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dengan total anggaran mencapai Rp7,52 triliun, program BLT El Nino dirancang untuk memberikan dukungan finansial langsung kepada keluarga yang terdampak.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menyatakan bahwa 18,8 juta keluarga akan mendapatkan manfaat dari program ini, yang dibiayai melalui alokasi tambahan dari Kementerian Keuangan.

Setiap keluarga penerima manfaat akan menerima bantuan BLT El Nino sebesar Rp 400.000 selama dua bulan, yaitu pada bulan November dan Desember.

Penyaluran bantuan ini akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

BACA JUGA: BLT EL Nino 2023 Kapan Cair? Ini Informasi Lengkapnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa BLT El Nino diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah fenomena alam super El Nino. El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) yang biasanya terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

El Nino dapat menyebabkan pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia, menyebabkan kekeringan.

“Karena ada super El Nino dan kita tahu ini jangan sampai mengurangi daya beli rakyat, daya beli masyarakat, kita juga akan mengeluarkan BLT El Nino pada bulan November dan Desember,” ujar Presiden Joko Widodo seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (25/10/2023).

  1. Cara Cek Penerima BLT El Nino 2023:
  • Melalui cekbansos.kemensos.go.id:
  • Akses situs web resmi Kemensos di kemensos.go.id.
  • Isi informasi mengenai provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan tempat tinggal.
  • Input nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Ketikkan empat huruf kode yang muncul di kotak kode (refresh jika diperlukan).
  • Klik “cari data”.
  • Halaman Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai dengan wilayah yang Anda masukkan.
  • Status BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako yang “Ya” menunjukkan bahwa Anda adalah penerima BLT El Nino.
  1. Melalui Aplikasi “Cek Bansos”:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan