Bandung Kelabakan Urus Banjir Gedebage

JABAR EKSPRES – Banjir dipastikan menggenang kawasan Pasar Induk Gedebage dan sekitar Jl. Bypass Soekarno-Hatta, Kota Bandung tatkala hujan turun. Hal ini terlihat sejak memasuki awal musim penghujan, pada awal Desember 2023.

Bukan sekadar warga maupun para pedagang pasar, para pengendara yang hanya menumpang lewat jalan nasional tersebut pun, mengalami dampak banjir menahun tersebut. Mereka lantas memilih menepi sejenak menanti genangan air surut.

Seorang pengendara motor, Dani (27), ialah salah satu yang sabar menanti surut banjir Gedebage. Perjalanan panjang dari Tangerang menuju Garut, mesti tersendat di kawasan Bandung Timur yang tidak pernah absen mengalami banjir itu.

“Sabar saja. Memilih buat tunggu banjirnya beres. Baru lanjut lagi perjalanan pulang,” kata Dani kepada Jabarekspres di lokasi banjir, pada Kamis (14/12).

Menurutnya, banjir yang terjadi kala itu cukup tinggi. Hampir melebihi betis orang dewasa. Dani lantas mengukur kapasitas sepeda motor yang dikendarai dan memilih untuk tidak mengambil resiko. “Tentu ini menganggu perjalanan saya. Sangat terganggu,” sebutnya.

Dia bercerita bahwa lokasi tersebut memang langganan dilanda banjir. Terakhir, kejadian banjir yang menimpanya itu dirasakan pada tahun 2014. Lantas, katanya, hal tersebut menjadi ironi tahunan lantaran belum juga teratasi.

“Butuh solusi pemerintah. Ini kenapa masih terjadi banjir di Gedebage. Penting juga kalau mau menerapkan solusi seperti di daerah lain. Seperti flyover ataupun mesin pompa air,” kata Dani.

Bersamaan, pada saat tergenangnya kawasan Gedebage tersebut, ada sejumlah pengendara roda dua yang memilih untuk menepi. Seperti halnya Faudin (53), seorang warga Majalaya yang memutuskan untuk menanti banjir surut.

Dia mengaku telah menunggu hampir dua jam. Ditemui Jabarekspres di bahu jalan bypass Soekarno-Hatta, Faudin mengatakan bahwa banjir yang menggenang tersebut sudah terjadi sejak pukul 15.00 WIB.

“Lumayan sekarang sudah hampir jam 6 sore. Tapi saya mending tunggu reda saja,” tandasnya.

Gagap Menjawab Banjir Gedebage

Dalam kunjungan Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat meninjau lokasi banjir di Pasar Induk Gedebage. Dirinya mengungkapkan, pemkot telah menemukan inti masalah infrastruktur yang mesti disorot.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan