Jelang Pileg 2024, RSUD Otista Siapkan 10 Ruangan Khusus Bagi Caleg Gagal yang Depresi

JABAR EKSPRES – Jelang pemilihan Calon Legislatif (Caleg) 2024, sejumlah rumah sakit menyiapkan ruangan khusus bagi para caleg yang nantinya gagal dan mengalami depresi.

Salah satunya yaitu Rumah Sakit Umum Otto Iskandar Dinata (RSUD Otista) yang berada di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Direktur RSUD Otista, Yani Sumpena Muchtar membenarkan RSUD Otista telah menyiapkan ruang rawat inap untuk caleg yang stress dan depresi.

“Ruangan yang kami siapkan untuk itu (Caleg stres atau depresi) 4 hingga 10 ruangan,” ujar Yani saat dikonfirmasi, Senin (11/12/2023).

Rumah sakit tersebut juga tak hanya menerima para caleg yang gagal saja, semua masyarakat juga dapat datang jika memang membutuhkan.

“Sebenarnya, siapapun yang datang kita pasti layani, kita juga tidak lihat latar belakangnya siapapun itu,” katanya.

Yani menambahkan, untuk pasien yang nantinya akan dirawat itu harus dilihat terlebih dulu dari diagnosanya apakah itu berat atau ringan.

“Jadi kalau ada pasiennya diperiksa dulu sama dokter jiwa, jika diagnosanya ringan, bisa hanya dengan diberi obat dan rawat jalan,” tuturnya.

Adapun kata Yani, jika ada yang mengalami kondisi diagnosa yang sangat berat tentunya itu harus dirujuk.

“Tapi kita lihat kondisi pasiennya kalau sangat mengganggu dirawat di sini, kan ada tahapannya, kalau kondisinya berat ngamuk mengganggu lingkungan, ya harus dirujuk ke rumah sakit khusus (RSJ),” ungkapnya.

Oleh karenanya, Yani mengungkap jika ruangan yang disiapkan untuk para caleg ini kondisional melihat situasi yang terjadi.

“Itu kondisional, memang sebelumnya di RS Otista sudah terdapat dokter kejiwaan, dan jika ada yang perlu perawatan maka dirujuk ke RS Khusus,” pungkasnya.

Writer: Agi

Tinggalkan Balasan