Musim Kampanye Pemilu jadi Angin Segar Perajin di Kampung Sablon Bandung

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Masa Kampanye pemilihan umum (pemilu) 2024 tengah bergulir. Ternyata, pesta demokrasi 2024 itu ikut membawa angin segar bagi para perajin kaos.

Contohnya para perajin di Kawasan Kampung Wisata Sablon Kota Bandung. Tidak sedikit dari mereka yang kebanjiran di musim pemilu seperti saat ini.

Vivit misalnya, salah satu admin home industri bidang konveksi di kampung tersebut menceritakan, pesanannya meningkat drastis saat mendekati musim kampanye saat ini. “Sekarang itu pesanan bisa capai ratusan ribu sebulan. Padahal kalau hari biasa hanya di angka ribuan,” cetusnya kepada Jabar Ekspres.

Vivit menambahkan, pesanan yang datang itu kebanyakan dalam bentuk kaos. Tentunya kaos dengan gambar atau identitas pemilu. Mulai dari soal capres – cawapres, calon legislatif, ataupun partai politik.

Nunung Rahmawati, pekerja home industri lain menambahkan, pesanan aneka kaos dengan identitas pemilu itu dipesan tidak hanya dari dalam kota. Namun beberapa pemesan juga dari luar kota. “Kami kan juga melayani pesanan online. Malah kebanyakan pesanan via online,” cetusnya.

Namun demikian, banjir order di musim pemilu seperti saat ini tidak berlaku ke semua home industri. Heni misalnya, pemilik home industri lain di kawasan tersebut mengaku pesananya cenderung tidak ada perubahan meski ada momentum pesta demokrasi. “Kalau kami masih biasa saja,” jelasnya.

Menurut Heni, faktor langganan juga berpengaruh. Terkadang masalah kapasitas SDM juga menjadi pertimbangan jika menerima order skala besar. “Kalau seperti kami kadang gak sanggup ketika terima pesanan besar,” tuturnya.

Kampung Wisata Sablon sendiri mulai tumbuh dan berkembang era 2000-an. Kalau itu lagi ngetrennya kaos – kaos distro. Sehingga para perajin di Muararajeun, Cibeunying Kaler Kota Bandung itu mulai menjamur.

Writer: Hendrik Muchlison

Tinggalkan Balasan