Kota Banjar Harus Bersih dari Tirani Dinasti

JABAR EKSPRES – Tokoh masyarakat sekaligus Akademisi di Kota Banjar, Dadi Mulyadi menegaskan, pemimpin kota tersebut kedepannya harus bersih dari tirani dinasti. Masyarakat, kata dia, harus cerdas dan tepat dalam memilih kepala daerah dalam Pilkada 2024 mendatang.

Diketahui, Kota Banjar selama kurun waktu dua dekade terakhir dipimpin oleh satu keluarga. Periode awal Kota Banjar memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis, dipimpin oleh Herman Sutrisno selama dua periode, tahun 2003-2008, dan tahun 2008-2013.

Kemudian pada periode selanjutnya pada 2013-2018 dan 2018-2023, kota empat kecamatan ini dipimpin oleh istrinya Herman Sutrisno, yakni Ade Uu Sukaesih.

BACA JUGA: Kenapa Dinamakan Kota Banjar? Ini Sejarahnya!

“Siapa pun wali kotanya nanti, harus bersih dari tirani dinasti,” kata Dadi Mulyadi kepada Jabar Ekspres, Rabu 6 November 2023.

Dadi Mulyadi menerangkan, kenapa harus bebas dari tirani dinasti agar kebijakan-kebijakan yang muncul tidak lagi dibayang-bayangi politik dinasti.

“Kenapa harus bebas dari tirani dinasti? Supaya bisa mengeluarkan kebijakan tanpa ada bayang-bayang dinasti. Saat ini, Kota Banjar memerlukan kebijakan tepat dan maju ke depan agar Banjar tidak ketinggalan dari kabupaten tetangga yakni Tasikmalaya, Ciamis, dan Pangandaran,” ucap Dadi Mulyadi.

Senada, Tokoh Agama di Kota Banjar, Ustad Aan Alamsyah mengatakan, Pilkada sudah di depan mata. Beberapa sosok calon wali kota sudah santer muncul di publik.

BACA JUGA: Daftar Lengkap UMK Jawa Barat 2024: Kota Bekasi Tertinggi dan Kota Banjar Terendah

“Selama ini wali kota terpilih masih satu keluarga. Sebagai tokoh agama saya berharap agar Pilkada Kota Banjar tahun 2024 bisa memutus kebiasaan adanya trah keluarga. Juga agar wali kota kedepan yang visioner. Banjar kedepan harus menjadi lebih agamis,” kata dia.

Kabarnya, beberapa sosok yang akan maju dalam Pilkada Kota Banjar tahun 2024 saat ini sudah santer di publik. Beberapa nama seperti Dadang R. Kalyubi (Ketua DPRD Banjar), Nana Suryana (mantan Wakil Wali Kota Banjar 2018-2023), dan Bambang Hidayah (mantan Kepala BBWS Citanduy), serta Pengusaha Muda asal Kota Banjar, Atet Handiyana Juliandri Sihombing, akan digadang-gadang akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Banjar periode 2024-2029. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan