Pembangunan Jembatan Cilutung Dikebut, Ditargetkan Akhir Tahun 2023 Beres

JABAR EKSPRES – Pembangunan jembatan Sungai Cilutung yang menghubungkan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Majalengka terus memperlihatkan progres positif. Jembatan yang terletak di Desa Kadu, Kecamatan Jadigede itu diperkirakan dapat beres di tahun ini.

Berdasarkan keterangan dari Nasam selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Sumedang, pembangunan jembatan Sungai Cilutung saat ini telah mencapai 85 persen.

“Insyaalloh seminggu lagi dicor jembatannya dan akhir tahun sudah bisa digunakan. Saat ini pengerjaannya mencapai 85 persen,” ucapnya saat meninjau lokasi, Selasa 5 Desember 2023, dilansir dari Pemkab Sumedang.

BACA JUGA: Jembatan Gantung Hubungkan 2 Desa di Sumedang, Kini Warga Tak Perlu Mutar 10 KM

Sejatinya, dana bantuan pembangunan Jembatan Sungai Cilutung sudah diusulkan sejak tahun 2019 di dalam Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) bersama Gubernur Jabar. Hanya saja, karena Covid-19, dana tersebut harus digeser.

“Anggaran turun tahun 2020 untuk rehabilitasi Jembatan Cilutung. Namun usulan itu terkena pergeseran anggaran karena adanya Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Setelah itu, Pemkab Sumedang terus berupaya untuk mengajukan dana perbaikan Jembatan Sungai Cilutung itu. Akhirnya, dana tersebut dialokasikan pada tahun 2023 dan pelaksanaan groundbreaking terjadi pada 4 September 2023.

Dengan adanya jembatan ini, diharapkan warga Desa Kade (Kabupaten Sumedang) dengan Desa Sidamukti (Kabupaten Majalengka) dapat terhubung. Sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi kedua wilayah. Sebelumnya, jembatan tersebut hanya bisa dilalui oleh motor karena jembatan bersifat non-permanen. (*)

BACA JUGA: 2 Desa di Sumedang Akhirnya Terhubung, Kades: Tahun 1997 Ada Warga yang Hanyut

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan