Gibran Salah Ucap “Asam Sulfat”, Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Klarifikasi

Jabar Ekspres – Dalam sebuah pidato, calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, salah ucap menyebut “asam sulfat” sebagai salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil.

Namun, klarifikasi dari Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, dr. Rina Adeline Sumantri, menegaskan bahwa Gibran sebenarnya bermaksud menyebut “asam folat”.

“Maksud Gibran adalah “asam folat” yang berhubungan dengan pemenuhan gizi dalam penurunan angka tengkes atau stunting. Meski ada kekeliruan pengucapan, hal yang disampaikan adalah edukasi yang penting. Pemenuhan kebutuhan gizi saat kehamilan adalah hal yang penting untuk menurunkan stunting,” jelas dokter spesialis mikrobiologi klinik itu dikutip dari Antara News (5/12).

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Siap Panaskan Mesin Politik di Rakornas TKN

Asam folat adalah vitamin B kompleks yang sangat penting untuk ibu hamil. Asam folat berperan dalam pembentukan sistem saraf janin, pembentukan plasenta, mencegah anemia, mencegah keguguran, hingga menurunkan risiko preeklamsia.

Pemberian asam folat dan vitamin D pada ibu hamil dapat membantu menurunkan risiko stunting pada anak. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis.

Anak stunting memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari anak seusianya dan memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Program bantuan gizi untuk ibu hamil dan balita yang diusung oleh Prabowo-Gibran bertujuan untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. Program ini akan memberikan bantuan asam folat dan vitamin D gratis kepada ibu hamil dan balita. Selain itu, program ini juga akan disertai dengan pemeriksaan rutin selama enam kali selama masa kehamilan.

“Salah satu ide yang paling menarik adalah dengan memberikan bantuan asam folat dan vitamin D, tapi itu juga harus disertai dengan pemeriksaan rutin. Dalam rencananya juga akan dilakukan pemeriksaan selama enam kali selama masa kehamilan,” ucapnya.

BACA JUGA: Mendapat Nomor Urut 2 Dalam Pilpres 2024, Ini Komentar Gibran

Program bantuan gizi untuk ibu hamil dan balita yang diusung oleh Prabowo-Gibran merupakan langkah yang positif untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. Program ini diharapkan dapat membantu terlahirnya generasi-generasi yang berkualitas untuk masa depan Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan