Ganjar – Mahfud Janji Berikan Perhatian untuk Disabilitas

JABAREKSPRES – Kelompok disabilitas atau kalangan difabel akan menjadi perhatian serius Pasangan Ganjar Prabowo – Mahfud MD jika terpilih menjadi presiden RI dalam Pilpres 2024.

Juru Bicara TPN Ganjar – Mahfud  Aryo Seno Bagaskoro mengatakan, keberadaan kelompok disabilitas sudah seharusnya mendapat perhatian pemerintah.

Menurutnya keberadaan kawan-kawan difabel harus berdaya. Dan bisa menjadi tenaga produkstif jika bisa pemerintah bisa mengarahkannya dan memberikan kesempatan.

“Prinsip utamanya adalah No One Left Behind. Tidak boleh ada yang ditinggalkan,’’ ujar Seno dalam keterangannya.

Menurutnya, Ganjar akan memperjuangkan kelompok Disabilitas dari hal yang mendasar terlebih dahulu. Yaitu ketersediaan ruang pblik yang ramah disabilitas.

Aksesibilitas dalam membangun infrastruktur harus menyediakan akses untuk kalangan difabel. Sehingga dapat memdahkan dalam melakukan aktivitas.

Para kelompok disabilitas juga akan diberikan kesempatan luas untuk bekerja diberbagai instansi pemerintahan dan memiliki hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya.

Kemudian mewajibkan seluruh Perusahaan swasta untuk mempekerjaakan kelompok disabilitas dengan gaji yang sesuai dan pantas.

Penekanan mengenai Gaji ini akan menjadi perhatian, sebab Ketika Bu Atikoh berdialog langsung dengan kelompok disabilitas yang bekerja di Perusahaan. Ternyata masih bak yang mendapat gaji di bawah UMR.

Untuk itu, bagi kalangan difabel yang tidak memiliki penghasilan sendiri, Ganjar berjanji akan memberikan bantuan jika terpilih menjadi presiden nanti.

Seno menambahkan, untuk mendukung keberadaan berbagai program-program akan dibuat sebagai bentuk dukungan dan kepedulian kepada keberadaan kelompok difabel.

‘’Kami akan dengarkan pandangan, masukan, dan aspirasi dari para pakar, aktifis, kelompok akademisi dan masyarakat, dan merancang program yang memiliki manfaat,’’ ujar dia.

Selain itu, keberadaannya juga akan dibantu melalui kelengkapan pada instutusi pendidikannya. Dia mengatakan, selama ini Sekolah Luar Biasa (SLB) harus mendapat perhatian untuk diberikan bantuan berbagai alat bantu untuk menunjang kreativitas kalangan siswa difabel. Dengan begitu para difabel ini akan terlatih dan terampil untuk menggunkan kemampuannya.

‘’Kelompok ini sebetulnya banyak yang memiliki kelebihan yang dianugrahkan oleh maha pencipta, hanya saja kita harus bisa menggalinya dan memunculkannya untuk menjadi nilai manfaat,’’ ujar Seno mengakhiri. (**/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan