Panwascam Cilengkrang Pastikan Kelancaran Proses Kampanye dengan Integritas dan Keadilan

JABAR EKSPRES – Dalam rangka mengawasi tahapan kampanye pada pemilu 2024 di Kecamatan Cilengkrang, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Cilengkrang, Nyayu Ade Puspita, menyampaikan komitmen kuat untuk memastikan kelancaran proses kampanye dengan menjaga integritas dan keadilan.

Nyayu menegaskan bahwa Panwascam Cilengkrang berusaha keras untuk memberikan akses yang sama kepada setiap kandidat sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami berkomitmen agar setiap kandidat memiliki peluang yang adil dan setara dalam menjalani tahapan kampanye,” ujar Nyayu saat dihubungi, Selasa (5/12/2023).

Nyayu menjelaskan, dalam proses tahapan pengawasan ini, pihaknya akan menempuh berbagai langkah pengawasan, salah satunya dengan melakukan pengawasan melekat yang melibatkan pemantauan langsung terhadap kegiatan kampanye di lapangan.

BACA JUGA: Ida Wahida Hidayati Sebut Herman Sutrisno Pahlawan Pembangunan Kota Banjar

“Ketika ada kegiatan kampanye, kami akan segera meluncur ke lokasi untuk melakukan pengawasan langsung, memastikan setiap tahap berjalan sesuai aturan,” katanya.

Selain pengawasan melekat, kata Nyayu, pihaknya juga akan mengedepankan pengawasan partisipatif dengan melibatkan masyarakat setempat. Dari mulai tingkat RT, RW, dan masyarakat umum.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk ikut serta sebagai pengawas partisipatif, memberikan informasi yang jujur dan bertanggung jawab untuk menjaga integritas proses kampanye,” kata Nyayu.

Adapun menurut Nyayu, upaya bersama ini bukan hanya untuk menjaga koridor etika dan aturan, tetapi juga untuk mencegah penyebaran hoaks atau informasi yang menyesatkan.

Oleh karenanya, dirinya bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menegakkan ketertiban dan memastikan keamanan selama periode kampanye.

Selain itu, untuk pendistribusian logistik, saat ini pihaknya masih menunggu jadwal dari Bawaslu Kabupaten Bandung.

Akan tetapi dirinya memastikan jika pengawasan distribusi akan dilakukan efektif dengan mengerahkan semua pihak.

“Termasuk Petugas Kelompok Distribusi (PKD), PTPS, dan pihak terkait lainnya, bergerak bersama untuk memastikan distribusi logistik berjalan dengan lancar,” terangnya

Untuk kerawanan sendiri, di Kecamatan Cilengkrang kata Nyayu cenderung kondusif. Hanya saja ada beberapa hambatan seperti pengiriman, terutama di TPS terjauh.

“Untuk kerawanan cenderung kondusif. Hambatan pengiriman, terutama di TPS terjauh seperti Desa Girimekar TPS Legok Nyenang, itu juga sama tapi alhamdulilah bisa diatasi dengan baik melalui aspalisasi jalan,” ungkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan