Siswi SMAN 5 Cimahi Raih Juara 1 Duta Genre Jabar, Bawakan Program Penurunan Angka Stunting Remaja

JABAR EKSPRES  – Nasywa Nayla Fitriani (17), siswa kelas 11 Ipa 4 SMAN 5 Cimahi, meraih gelar juara pertama dalam ajang prestisius Generasi Berencana Jawa Barat pada Rabu (29/11). Program Genre (Generasi Berencana) dari BKKBN memfasilitasi penyampaian program KB dan kesehatan kepada remaja.

Nasywa tertarik pada kejuaraan Genre sejak mengetahui adanya audisi Duta Genre di tingkat sekolah. Akhirnya, dia sukses mengalahkan beberapa pesaing lainnya dan menjadi Duta Genre Kota Cimahi.

“Aku awalnya ikut Genre karena audisi pemilihan duta genre di sekolah. Awalnya iseng, tapi dengan persiapan, aku kaget saat dipanggil guru untuk diwawancara. Ternyata, aku maju untuk mewakili Kota Cimahi sebagai duta generasi berencana,” ucap Nasywa pada Jabar Ekspres, Senin (4/12) di SMAN 5 Cimahi.

Dalam pengalamannya sebagai peserta Duta Genre Kota Cimahi, ia mengungkapkan, pelatihan yang diikutinya memerlukan waktu yang cukup lama. Berbagai materi disajikan dalam tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para kandidat sebelum mengikuti Genre tersebut.

“Waktu pelatihan menjadi duta genre di Cimahi, fokus pada seleksi di Cimahi dengan pembekalan materi, sesi diskusi, dan pemaparan materi. Pelatihan lebih intens ketika pembekalan dari pusat informasi konseling remaja (PIK-R) memberikan arahan terkait masuk ke genre. Materi juga mencakup program kerja yang akan dijalankan,” terang Wawa saat pulang sekolah.

Tantangan saat mengikuti Duta Genre di Kota Cimahi dianggap tidak begitu sulit olehnya karena adanya toleransi yang memungkinkan pembagian waktu antara sekolah dan kegiatan di Genre. Oleh karena itu, ia merasa tidak terlalu memberatkan dan memiliki waktu yang cukup fleksibel.

“Tantangannya di Cimahi tidak terlalu berat karena memberikan toleransi pada anak kelas 10 SMA. Untuk di Cimahi memberikan kelonggaran, dan kegiatan bisa seimbang karena tidak bentrok dengan OSIS, yang kebetulan juga saya ikuti. Jadi, antara Genre dan akademik tidak saling bentrok,” ucap siswi berusia 17 tahun tersebut.

Program dan Tantangan Terberat di Cimahi

Saat Nasywa menjadi duta Genre Kota Cimahi, membawakan program Life Skill. Ia menyadari tingkat produktivitas remaja yang tinggi dan ingin meningkatkan keterampilan untuk meningkatkan produktivitas mereka lebih lanjut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan