Ngomong Asam Sulfat untuk Bumil, Gibran Rakabuming Raka Minta Maaf

JABAR EKSPRES – Calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka menjadi perbincangan netizen. Pasalnya, Gibran Rakabuming Raka salah menyebutkan zat kimia yang dibutuhkan ibu hamil (bumil) dalam mencegah stunting adalah asam sulfat, yang seharusnya asam folat.

Hal ini dilontarkannya saat mengisi acara diskusi ekonomi kreatif pada Minggu 3 Desember 2023 yang bertempat di Senopati, Jakarta Selatan.

Namun, dirinya sudah mengaku salah terhadap pernyataan asam sulfat tersebut. Selain itu, Gibran Rakabuming Raka meminta kepada awak media untuk mengoreksi kesalahannya tersebut.

Baca juga: Panwascam Baleendah Siaga Awasi Logistik Tahap Pertama Pemilu 2024

“Apa sih kemarin saya nyebutnya? Asam Sulfat ya. Mohon maaf, mohon dikoreksi,” ujar Gibran kepada awak media.

Diketahui, keduanya memiliki jenis yang berbeda. Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang berfungsi untuk kesehatan ibu hamil.

Berbeda halnya dengan asam sulfat merupakan zat yang berbahaya dan digunakan untuk sejumlah keperluan. Yakni pembuatan aki, bahan peledak, lem, dan masih banyak lainnya.

Seringkali asam sulfat juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri kimia dan pupuk. Selain itu, asam sulfat memiliki sifat korosif dan dapat membahayakan kondisi tubuh.

Melansir dari laman Universitas Indonesia bahwa apabila asam sulfat terkena kulit manusia, dapat menyebabkan kulit yang melepuh. Sedangkan bila terhirup, asam sulfat dapat menyebabkan sesak nafas dan mampu merusak saluran pernapasan.

Baca juga: Jelang Pesta Demokrasi, Polresta Bandung Jaga Netralitas Pemilu 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan