Hujan Badai Ambrukkan Rumah Lansia Sebatang Kara di Sukabumi

JABAR EKSPRES – Hujan deras yang disertai angin kencang, kembali mengguyur wilayah Kabupaten Sukabumi pada Senin, 4 Desember 2023. Hujan tersebut membuat rumah seorang lansia sebatang kara ambruk.

Hujan yang disertai angin kencang pada siang hari itu, tepatnya terjadi di Kampung Bangbayang, Desa Bangbayang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk di bagian atap dan tembok bangunan. Diketahui, kediaman tersebut milik seorang lansia sebatang kara bernama Mulyadi (62).

BACA JUGA: Selama Pancaroba, BPBD Jabar Catat Sekitar 45 Kejadian Longsor

Petugas Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) (sebelumnya ditulis Humas) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria mengatakan, bagian yang ambruk milik Mulyadi itu menimpa kamar dan dapur rumah kediamannya.

“Curah hujan tinggi yang mengguyur cukup lama mengakibatkan atap rumah milik bapa Mulyadi roboh sekitar pukul 11.00 WIB. Satu kamar dan dapur tidak bisa ditempati karena tertimbun reruntuhan dari atap rumah dan tembok bangun yang sudah lapuk,” ujar Sandra pada keterangan yang dikutip Jabar Ekspres pada Selasa, 5 Desember 2023.

Lanjut Sandra, beruntung saat kejadian ambruknya atap rumah dan tembok bangunan tersebut, tidak menyebabkan korban luka ataupun korban jiwa. Namun, Mulyadi tidak bisa dengan mendiami rumahnya dalam waktu dekat.

BACA JUGA: LONGSOR! Jembatan Penghubung 2 Desa di Sukabumi Tak Bisa Dilalui

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Rumahnya tidak bisa ditempati karena tertimbun reruntuhan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, dari kejadian itu dibutuhkan keperluan logistik. Kemudian, ia mengimbau masyarakat agar selalu waspada dengan intensitas hujan yang sering terjadi.

“Kebutuhan mendesak berupa alat bangunan, darurat logistik. Kami memberi himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada dalam menghadapi curah hujan yang tinggi,” tutup Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi itu. (Mg9)

BACA JUGA: Hendak ke Australia Secara Ilegal, 4 WNA Diamankan di Palabuhanratu

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan