Nahas! Tertimbun Longsor saat Ngungsi, Nenek dan Cucu di Ciamis Tewas 

JABAR EKSPRES – Kejadian memilukan menimpa nenek dan cucu di Dusun Cikujang Girang RT 03 RW 02 Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Keduanya tewas pada Jumat 1 Desember 2023 dini hari saat hendak mengungsi dari rumahnya yang mulai tertimpa longsor.

“Ketika mengungsi, Ai Sumiati yang menggendong cucunya bernama Dikry Fadlan Mutakin usia 1,2 tahun tewas tertimbun longsor saat akan mengungsi,” kata Kepala Desa Sukamaju Dede Engkuh.

Menurut dia kejadian tersebut berlangsung sekira pukul 01.00 WIB. Saat itu kondisi cuaca sedang hujan deras, tebing tanah yang ada di area lingkungan tersebut longsor.

BACA JUGA: Sungai Ciparigi Meluap, 10 Rumah di Ciwidey Terendam Banjir hingga Akses Jalan Lumpuh

“Longsoran tanah tersebut dari tebing yang atasnya ada rumah milik Isah yang berdampak ke rumah di bawahnya,” papar Dede.

“Korban tertimbun longsoran tanah saat jalan kaki, tepat dekat musala, korban terkubur tanah longsor,” ujar Dede menambahkan.

Tim dari BPBD, Tagana, dibantu warga sekitar kemudian melakukan evakuasi dari timbunan longsor seluar 7 meter dengan kedalaman sekitar 4 meter.

“Saat hujan deras memang warga lain sudah ada yang mengungsi ke rumah saudaranya dan selamat. Namun sayang nenek dan cucunya pada saat yang sama akan menyelamatkan diri keburu longsor datang dan tertimbun,” ucapnya.

Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis Misbah Solehudin mengatakan, upaya pihaknya bersama BPBD dan masyarakat telah selesai melakukan evakuasi.

“Kedua jasad nenek dan cucunya bisa kita temukan namun kondisinya sudah meninggal dunia,” ucapnya. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan