Pemkot Cimahi Terus Tangani Kawasan Kumuh, Cigugur Tengah Dinilai Terpadat

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Cimahi terus mengatasi kawasan kumuh seluas 151 hektar. Persentasenya berada dalam rentang 5-10 hektar, menunjukkan penurunan yang signifikan dari rata-rata kewenangan kota tersebut.

Hingga saat ini, DPKP Kota Cimahi telah berhasil menurunkan sebanyak 6 hektar dari total keseluruhan kawasan kumuh. Kepala DPKP Kota Cimahi, Endang menyatakan saat ini pihaknya terus berupaya untuk menurunkan persentase permukiman padat di Cimahi.

“Di Cimahi saat ini masih ada 151 hektar kawasan kumuh, dan Alhamdulillah tahun ini sudah berkurang 6 hektar dan jadi berkurang 145 hektar,” ucapnya pada awak media di Kecamatan Cimahi Tengah, Selasa, 28 November 2023.

BACA JUGA: Perhatikan! Ini Tanda dan Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Endang mengatakan, permasalahan utamanya adalah penanganan yang masuk dalam tujuh kategori kawasan kumuh. Menurutnya, target dari DPKP sendiri setiap tahunnya dapat mengurangi kawasan yang tergolong padat.

“Salah satu materi yang dibahas adalah penanganan kawasan kumuh. Penanganan ini kan harus melibatkan semua pihak, kita sharing dengan setiap pihak terkait tentang penanganan kawasan kumuh ini. Kita juga memiliki target kawasan kumuh setiap tahunnya bisa berkurang,” jelas Endang.

Saat ditemui di Kecamatan Cimahi Tengah, Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi, menyampaikan, penanganan kawasan yang sangat padat menjadi fokus utama, dengan penekanan pada penanganan kawasan di setiap kecamatan.

“151 hektar yang masih diatasi, dari waktu ke waktu turun secara signifikan apa yang dilakukan oleh kita di kewenangan 5-10 hektar. Ada 7 kriteria, di antaranya kekurangan tata bangunan, drainase, air bersih, limbah, dan soal pemadam kebakaran,” ucapnya.

BACA JUGA: Polres Garut Bekuk Kawanan Petugas Gadungan XL Home, XL Axiata Berkomitmen Lindungi Keamanan Pelanggan

Dicky mengatakan, saat ini pemerintah kota menekankan kepada setiap kecamatan untuk memprioritaskan penanganan terhadap kawasan yang masuk ke dalam kategori padat.

“Itu yang jadi konsen saya kenapa hadir disini untuk menguatkan agar setiap kecamatan fokus untuk menangani kawasan padat penduduk melalui kelurahan dan di bantu oleh setiap LPM,” jelasnya.

Cimahi Tengah memiliki kepadatan penduduk yang signifikan, khususnya di Kelurahan Cigugur Tengah yang mencapai 150 orang per hektar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan