Raffi Ahmad Berikan Tips Bisnis kepada Mahasiswa SBM ITB

JABAR EKSPRES – Segala bisnis yang sukses dibangun melalui perjuangan dan keberanian untuk mengambil berbagai peluang. Demikian sikap yang mengerucut melalui sharing session berjudul “Fridaypreneurship: Trends & Insights in Managing Investments in the Entertainment Industry” yang diadakan di Laboratorium Teknik XIX SBM ITB pada 24 November 2023.

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan bidang Sumber Daya Dr. Subiakto Sukarno dan menghadirkan Raffi Ahmad selaku founder RANS Entertainment sebagai pembicara utamanya.

Dimulai dari Bawah, Memanjat ke Atas. Sharing session dimulai dengan cerita Raffi yang berawal pada tahun 2000, ketika ia memulai dari bawah.

“Banyak orang melihat sekarang seolah-olah saya enak sekali, padahal perjuangannya dulu mulai dari bawah dengan honor yang sedikit,” ucap Raffi, Jumat, 24 November 2023.

“Memang kita harus bisa melihat dan menikmati setiap proses yang dijalani,” lanjutnya.

Raffi mengawali karirnya melalui shooting sebagai aktor sejak dari SMP. Ia pelan-pelan menabung hingga ia dapat memulai karirnya secara serius.

Sekitar tahun 2016, ia merasa bahwa karirnya sebagai aktor sudah membawa dia ke posisi yang aman. Namun, muncul sebuah potensi bisnis baru melalui digital entertainment.

BACA JUGA: Gerai Mie Gacoan Bogor Dibobol Karyawannya Berkali-kali, Pelaku Gasak Rp45 Juta dari Brankas

Ia dan istrinya lalu mulai merintis ke arah sana, hingga akhirnya inisiasi tersebut dapat berkembang menjadi RANS Entertainment, yakni sebuah bisnis digital yang digarap mulai dari garasi rumah beliau dengan empat karyawan, sekarang sudah bergerak dalam berbagai platform dan berperan sangat besar terhadap industri media dan hiburan Indonesia.

“Ternyata, manusia itu ketika sudah nyaman, pilihannya tinggal dua: jatuh ke bawah dengan sendirinya hingga sakit dan susah untuk naik ke atas lagi karena tidak siap, atau pelan-pelan turun ke bawah untuk cari sesuatu supaya dapat naik lagi,” ujarnya.

Raffi menekankan pentingnya kolaborasi sebagai cara untuk menciptakan nilai yang bermanfaat dan mampu diingat banyak orang. Selain itu, ilmu hidup dan adab juga sangat penting bagi seseorang, karena tidak ada pebisnis yang hebat sendiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan