BLT El Nino November 2023 Cair 400 Ribu, Kapan Cairnya? Simak di Sini!

JABAR EKSPRES- Apakah Anda sedang mencari informasi pencairan mengenai BLT El Nino 2023 bulan ini? Jika iya, simaklah informasi jadwal pencairan BLT El Nino November 2023 di bawah ini!

Pada artikel kali ini Jabar Ekspres akan memberikan informasi mengenai BLT El Nino November 2023 dan cara cek penerima manfaat dari BLT ini.

Untuk diketahui sebelumnya bahwa BLT El Nino diperuntukkan bagi warga yang mengalami dampak ekonomi karena adanya fenomena El Nino.

Pengumuman dari Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa BLT El Nino akan diberikan sejumlah Rp400 ribu setiap dua bulan kepada keluarga penerima manfaat. Bantuan ini akan berlaku mulai November 2023 hingga Desember 2023.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino akan disalurkan dengan total dana sebesar Rp7,52 triliun dan ditujukan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat paket sembako.

Informasi mengenai keluarga penerima manfaat itu diambil dari data Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga tidak memerlukan pencarian target lagi.

Warga yang terkena dampak El Nino akan mendapatkan bantuan uang sebesar Rp200.000 selama dua bulan, yakni pada November dan Desember 2023. Dengan demikian, total bantuan yang akan diterima oleh masyarakat adalah sebesar Rp400.000.

Berdasarkan keterangan Menteri Sosial, penyaluran BLT El Nino direncanakan dimulai paling lambat pada akhir November 2023 melalui kolaborasi dengan PT Pos Indonesia.

 

Baca juga: Cek Bansos PKH 2023, Ini Detail Bantuan yang Akan Diterima

Baca juga:  Bansos PKH 2023 November 2023, Keluarga Penerima Manfaat Akan Menerima Rp200 Ribu

 

Cara untuk memeriksa daftar penerima BLT El Nino

-Akses situs cekbansos.kemensos.go.id untuk mengecek status BLT El Nino.

-Inputkan informasi seperti nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.

-Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

-Isilah empat huruf kode (tanpa spasi) sebagaimana tercantum dalam kotak kode.

-Jika kode kurang jelas, klik “refresh” untuk mendapatkan kode baru.

-Setelahnya, tekan “cari data”.

Dengan langkah ini, halaman situs Kemensos akan menampilkan daftar nama penerima manfaat sesuai dengan wilayah yang dimasukkan. Masyarakat dapat memastikan status penerima BLT El Nino dengan melihat kolom BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang menunjukkan status “Ya”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan