Jelang Piala Dunia U-17 Wisatawan Diprediksi Meningkat, Ini yang Dilakukan Disparbud Jabar

JABAR EKSPRES  – Jelang bergulirnya event sepak bola Internasional Piala Dunia U-17 di Indonesia pada 10 November 2023 besok, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) mengaku telah berkoordinasi dengan Kabupaten Kota untuk menyiapkan sejumlah objek wisata.

Menurut Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar, hal itu dilakukan sebab pihaknya telah memprediksi akan adanya lonjakkan wisatawan ke sejumlah objek wisata khususnya di sekitaran lokasi pertandingan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kabupaten kota khususnya di Bandung untuk mengantisipasi ketika ada kegiatan para pemain U-17 melakukan kegiatan wisata yang dengan Jalak Harupat (lokasi pertandingan),” katanya saat di konfimasi, Kamis (9/11).

Benny mengaku telah meminta kepada Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) Jabar, untuk ikut menyiapkan seluruh hotel-hotelnya yang dengan lokasi pertandingan.

“Jadi melalui PHRI (Jabar) Itu kita sudah meminta untuk mengantisipasi lonjakan tamu yang hadir di Jabar khususnya di Bandung Selatan ketika mereka akan menyaksikan pertandingan U-17. Jadi dalam konteks kita mengimbau kepada kabupaten kota untuk mempersiapkannya,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua PHRI Jabar Herman Muchtar mengungkap ajang ini menjadi sebuah momentum bagi para pengusaha hotel dan restoran.

Maka dari itu, ia mengatakan melalui PHRI, Pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh hotel maupun restoran khususnya di wilayah kota atau kabupaten Bandung untuk menyiapkan segalanya.

“Jadi hotel-hotel yang ada di Bandung ini harus sudah mempersiapkan diri. Jadi kita sudah siapkan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Meski begitu, Herman mengaku dalam event Internasional ini pihaknya belum menentukan target kunjungan seperti biasanya. Akan tetapi, ia berharap melalui event tersebut dapat meningkatkan kunjungan.

“Untuk saat ini kita belum tahu animonya seperti apa untuk Piala Dunia U-17 ini. Tapi yang jelas semua hotel sudah siap khusunya di bandung. Dan kita berharap ada peningkatan ocupancy,” pungkasnya.

Sebelumnya, melalui apel gelar pasukan ‘Operasi Aman Bacuya 2023, Polda Jabar telah menyiagakan sebanyak 2855 personel gabungan untuk mengamankan jalannya pertandingan Piala Dunia U-17 di Stadon Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Adapum proses pengamanan yang nantinya akan dilakukan, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi mengatakan, bahwa pihaknya akan bersiaga di beberapa lokasi seperti bandara termasuk juga akomodasi hotel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan