Kesbangpol Gelar Ajang Duta Bela Negara, 8 Finalis Bertarung Perebutkan Juara

JABAR EKSPRES – Ajang Pencarian Duta Bela Negara yang diberi tajuk De’talks digelar oleh Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat.

Para finalis terpilih merupakan perwakilan dari 27 kabupaten/kota di Jabar. Mereka siap adu kemampuan berpidato dan presentasi soal bela negara dalam bahasa Inggris.

“Kita ingin mendunia, jadi tidak cuma kita saja yang tahu apa saja yang dilakukan oleh anak muda dalam bela negara. Jadi kita pertandingkan di sini yang mana mereka harus pintar bahasa Inggris, jadi bisa ngomong di luar negeri, di mana kami menjaga NKRI dan ideologi Pancasila,” kata Iip Hidayat, kepada wartawan, Selasa 8 November 2023.

Iip membeberkan para finalis ini adalah hasil penyaringan. Delapan orang finalis yang tersisa ini akan bertarung memperebutkan juara.

“Mereka ini sudah menjadi duta bela negara. Cuma dengan adanya kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya sebagai yang lebih implementatif. Jadi yang mahasiswa bagaimana caranya bisa mengajak rekannya, yang SMA juga sama. Termasuk influencer, karena untuk awal masuk duta ini salah satu persyaratan peserta harus punya followers di medsos minimal 2.000 orang pengikut, agar duta ini bisa memberikan pemahaman terkait bela negara,” ujarnya.***

Tinggalkan Balasan