Beasiswa JFLS Memotivasi Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

JABAR EKSPRES – Untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan prestasi belajar, beasiswa menjadi salah satu acuan bagi siswa-siswi untuk terus meraih prestasi mereka.

Menurut Waka kurikulum SMKN 3 Cimahi, Eni Apriyani mengatakan dalam meningkatkan prestasi siswa dengan meningkatkan proses pembelajaran baik bidang akademik dan non-akademik.

“Dalam kurikulum itu ada intra, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dalam intra ini kan KBM pembelajaran siswa yang memang dilaksanakan untuk mendidik. SMK itu kan tujuannya bekerja, melanjutkan, dan wirausaha, mereka dibekali ilmuilmu untuk siap menghadapi dunia luar,” ucapnya pada Jabar Ekspres, Selasa (7/11).

Menurut Eni, dalam meningkatkan prestasi pada siswa-siswi SMK harus dipenuhi dengan pengetahuan secara teori, baik itu secara skill atau pun knowledge.

BACA JUGA: Minggu ke-19, Proyek Pembangunan Museum Pajajaran Bogor Capai 65 Persen

“Ada skill, knowledge, dan sikap semuanya kami terapkan. SMK beda dengan SMA, anak-anak SMK lebih harus mencakup pada semuanya agar mereka lebih siap dan terbentuk dirinya masing-masing agar lebih paham dan dapat melaksanakan ilmu yang sudah diemban,” terangnya.

Siswa-siswi SMKN 3 kerap meluluskan di beberapa perguruan tinggi. Menurut Eni, hal tersebut dikarenakan siswa memiliki motivasi tersendiri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kalau masuk perguruan tinggi ada, UPI dan Polban. Ada juga anak-anak yang langsung bekerja di industri seperti perhotelan dan lainnya,” kata Eni.

Berkaitan dengan upaya pada siswa dalam meraih beasiswa di perguruan tinggi, Eni menyatakan sikap optimis pada siswa-siswi SMKN 3 Cimahi. Segala upaya dikerahkan dalam mendidik siswa agar mereka dapat berprestasi ketika lulus dari sekolah.

“Kami selalu mendukung siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi atau pun yang ingin bekerja atau berwirausaha. Kita harus optimis dan terus berusaha dengan adanya sosialisasi dari JFLS Jabar menjadi suatu motivasi kepada siswa, kemudian kita terus mendukung para siswa untuk terus belajar,” terang Eni.

Di waktu yang sama, SMKN 3 sedang melakukan kegiatan sosialisasi dari Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) 2024. Giat tersebut merupakan salah satu program unggulan dari Pemprov Jabar dengan memberikan bantuan biaya pendidikan untuk masyarakat Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan