Disdukcapil Bandung Buka Layanan Weekend hingga Datang ke Sekolah untuk Rekam E-KTP Pemilih Pemula

JABAR EKSPRES – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung turut bersiap menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satunya dengan meningkatkan layanan perekaman KTP Elektronik (E-KTP) khusus pemilih pemula.

Kepala Disdukcapil Tatang Muhtar mengungkapkan, berbagai layanan penunjang telah diluncurkan untuk memudahkan perekaman E-KTP khusus pemilih pemula itu. Di antaranya, masyarakat dapat melakukan perekaman yang sudah ada seperti di 30 kantor kecamatan di Kota Bandung.

BACA JUGA: Kota Banjar Resmi Miliki Mal Pelayanan Publik, Catat Lokasi dan Jam Operasionalnya!

“Ditambah enam layanan geulis yang sudah operasional. Seperti di Mall Pelayanan Publik, BTC, hingga Summarecon,” jelasnya Kepada Jabar Ekspres, Selasa (7/11).

Tatang melanjutkan, selain layanan yang sudah terpusat itu, Disdukcapil juga telah mengerahkan armada mobil Memberikan Pelayanan Keliling (Mepeling).

“Itu mobil terus keliling. Biasanya juga ke sekolah-sekolah,” cetusnya.

Tatang menambahkan, pihaknya juga membuka layanan khusus untuk hari libur. Layanan itu dapat diakses masyarakat di tiga pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Yaitu Metro Indah Mall, Festival Citylink, dan D’Botanica. “Ini untuk mereka – mereka yang sibuk kerja. Kami juga intens ke sekolah – sekolah,” ucapnya.

Menurut Tatang, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan seluruh kepala sekolah SMA SMK di Kota Bandung. Tujuannya juga untuk mensosialisasikan perekaman E-KTP.

Tatang menjelaskan untuk data perekaman E-KTP kategori pemilih pemula juga masih diupdate. Hanya saja saat penetapn Daftar Pemilih Tetap (DPT) lalu sedikitnya ada sekitar 16 ribu pemilih. “Ini terus update sampai hari H nanti,” sambungnya.

BACA JUGA: Hore! Pembayaran Denda PBB di Kota Banjar Dihapus, Tapi Ada Syaratnya

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung juga telah menetapkan DPT sebanyak 1.872.381 pemilih. Dengan komposisi generasi Z 408.862 pemilih, generasi Y 612.643 pemilih, generasi X 541.870 pemilih, generasi Baby Boomer 276.329, dan generasi pre Boomer sebanyak 32.677 pemilih.

Dalam DPT itu juga terdapat 7.338 pemilih disabilitas. Mereka terdiri dari disabilitas mental, fisik, hingga sensorik.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan