Upaya Wujudkan UHC 2024, BPJS Kesehatan Gandeng Pemda KBB Lewat Program PESIAR

JABAR EKSPRES – Untuk mendorong status keaktifan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan mendorong tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Bandung Barat, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi memperkuat sinergi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat.

Sinergi ini ditandai melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Program Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) pada Rabu (1/11).

Program PESIAR ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk mendorong tercapainya Universal Health Coverage (UHC) menjadi 98 persen.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar mengatakan, Program PESIAR ini merupakan bentuk sinergi dan upaya bersama dalam mewujudkan tercapainya cakupan UHC yang memenuhi tiga indikator dari World Health Organization (WHO).

Indikator tersebut adalah tercapainya cakupan pelayanan kesehatan dasar, perlindungan risiko finansial akibat sakit, serta adanya keadilan dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Program PESIAR merupakan upaya BPJS Kesehatan untuk merekrut peserta dan meningkatkan keaktifan peserta JKN sehingga akan mendorong percepatan tercapainya UHC di Kabupaten Bandung Barat.

”Program ini melibatkan pihak ketiga yang ditugaskan atas rekomendasi perangkat desa terkait. Adapun ruang lingkup perjanjiannya sendiri meliputi kegiatan pemetaan, penyisiran, advokasi dan registrasi Program JKN hingga melakukan sosialisasi, edukasi dan publikasi Program JKN kepada masyarakat,” jelas Cecep.

Desa Ngamprah adalah salah satu desa di Kabupaten Bandung Barat yang menjadi pilot project Program Pesiar BPJS Kesehatan. Per bulan Oktober 2023, sebanyak 6.129 jiwa atau 86,19 persen penduduk Desa Ngamprah telah menjadi peserta JKN dari total 7.111 penduduk. Ada sekitar 982 jiwa yang belum menjadi Peserta JKN agar Desa Ngamprah mencapai target UHC 95 persen.

”Program PESIAR ini kami harap dapat mendorong desa-desa lain di Kabupaten Bandung Barat untuk turut mendongkrak capaian kepesertaan JKN di masing-masing wilayahnya,” kata Cecep.

Kepala Desa Ngamprah, DedeTariyah menyatakan dukungan penuhnya serta siap bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan pihak terkait agar kepesertaan JKN di Desa Ngamprah dapat mencapai target UHC yang telah ditetapkan secepatnya.

”Kami menyambut baik atas terpilihnya Desa Ngamprah sebagai pilot project Program PESIAR. Kami juga berharap seluruh masyarakat di Desa Ngamprah dapat terlindungi oleh Program JKN. Kepada seluruh Agen PESIAR yang hadir pada kegiatan hari ini, saya harap semuanya dapat memahami hak dan kewajibannya masing-masing seperti yang sudah dijelaskan pada sosialisasi yang lalu,” ujar Dede.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan