Bahayanya Lupus Nefritis, Penyakit Autoimun Penyebab Shena Malsiana Meninggal

JABAR EKSPRES – Belum hilang kesedihan atas meninggalnya penyanyi cantik Shena Malsiana pada 25 Oktober 2023 lalu, kini penyakit Lupus Nefritis yang merenggutnya menjadi viral.

Banyak orang penasaran bahayanya penyakit autoimun Lupus Nefritis ini, hingga menyebabkan Shena Malsiana meninggal. Pasalnya Shena diketahui sudah mengidap penyakit ini cukup lama yakni dari tahun 2021.

Dia juga kerap membagikan pengalamannya menjalani pengobatan dan memberikan semangat kepada sesama penderitanya.

Penyanyi jebolan X Factor yang sempat mengeluarkan single ‘Arti Cinta’ ini meninggal diusianya ke 32 tahun.

Kabar duka yang cukup mengejutkan publik di bagikan pertama kami di Instagram Bobby Irfan.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang keluarga, sahabat kita, kerabat terdekat kami Shena Malsiana pada pukul 15.37 WIB siang ini,” tulis akun Instagram @bobbyichaniago pada Rabu (25/10).

Sebelum meninggal, Penyakit Lupus Nefritis yang diderita Shena Malsiana diketahui mulai menyerang ke ginjalnya, dan membuatnya mengalami Chronic kidney Disease (CKD) atau gagal ginjal kronik.

Baca juga : Memahami Kondisi Autoimun SLE Dialami Isyana Sarasvati

Kemungkinan besar, penyakit inilah yang akhirnya membuatnya tidak bisa bertahan.

Lupus Nefritis

Penyakit Lupus dilansir dari Mayo Clinic, merupakan penyakit autoimun yang membuat tubuh memproduksi protein berupa antibodi. Sementara Lupus Nefritis adalah kondisi yang dialami penderita lupus saat penyakitnya mengalami komplikasi.

Antibodi yang seharusnya memberikan kekebalan pada tubuh, karena diproduksi secara berlebihan sehingga akhirnya malah menyerang jaringan atau organ sehat dalam tubuh, salah satunya ginjal seperti yang dialami Shena.

Karena menyerang ginjal, antibodi ini bekerja dengan mengganggu struktur di dalam ginjal yang berfungsi menyaring limbah. Karena terjadi terus menerus hingga menyebabkan peradangan pada ginjal yang memicu kondisi berbahaya, termasuk darah, dan protein dalam urine.

Itulah bahanyanya Lupus Nefritis yang bisa merusak organ vital dalam tubuh manusia hingga kehilangan fungsinya.

Gejala Lupus Nefritis

Untuk mendeteksi dan mengetahui seperti apa tanda-tanda Lupus Nefritis, berikut beberapa gejala umum yang pertama diderita oleh apsien Lupus Nefritis.

· Keluar darah saat buang air kecil bersama air seni atau urin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan