Jadwal Gerhana Bulan Sebagian, 29 Oktober 2023, Lengkap dengan Lokasi Untuk Melihatnya

JABAR EKSPRES – Akhir bulan Oktober ini akan terjadi fenomena alam langka yakni Gerhana bulan sebagian. Fenomena ini akan terjadi pada 29 Oktober 2023 yang bisa dilihat dari beberapa lokasi di Indonesia. Untuk kamu yang ingin melihatnya, kamu bisa mengecek jadwal munculnya gerhana bulan sebagaian di artikel ini.

Dilansir dari website resmi Kementrian Pendidikan, Gerhana bulan sebagian disebut juga sebagai gerhana bulan parsial. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari.

Sebagian permukaan bulan berada di daerah penumbra, sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan.

Selain fenomena ini, juga ada lagi fenomena lain yang terkait dengan gerhana bulan, yakni gerhana bulan total dan gerhana bulan penumbra.

Baca juga : Gerhana Matahari Cincin Api Dikabarkan Akan Muncul pada Oktober 2023, Bisa Dilihat di Indonesia?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa fenomena gerhana bulan sebagian ini akan bisa disaksikan di wilayah Indonesia.

“Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 29 Oktober 2023 yang dapat diamati dari Indonesia,” tulis BMKG dalam keterangannya.

Lokasi melihat Gerhana Bulan Sebagaian

Selain menyebutkan hal tersebut, BMKG juga merilis wilayah mana saja yang bisa menyaksikan langsung fenomena langka ini.

Semua wilayah yang terlewati garis U4 dan P4 dapat menyaksikan fenomena ini, namun terbagi dalam setiap periode gerhana, berikut penjelasannya:

1. Periode gerhana Bulan dari awal sampai Bulan terbenam.

Periode ini terjadi ketika fase gerhana Bulan sebagian berlangsung. Ini dapat diamati oleh pengamat yang berada di Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku.

2. Periode gerhana Bulan dari awal hingga Bulan terbenam.

Fase gerhana Bulan pada periode ini berlangsung dapat diamati oleh pengamat yang berada di sebagian kecil Papua Barat, sebagian Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Barat.

3. Periode gerhana Bulan dari awal hingga gerhana berakhir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan