Sejarah Terbentuknya Kota Tentara: Kota Cimahi

JABAR EKSPRES – Sejarah awal mula Kota Cimahi terbentuk telah ada sejak zaman dahulu. Nama Cimahi telah sohor sejak tahun 1811 saat Gubernur Jendral Willem Daendels membuat Jalan Anyer hingga Panarukan. Kala itu, sang gubernur membangun sebuah loji (penjagaan) di Alun-alun Kota Cimahi sekarang.

Pada tahun 1874 sampai 1893, Pemerintah Kolonial Belanda membangun jalur kereta api Bandung-Cianjur, sekaligus pembangunan stasiun kereta api di Kota Cimahi. Rentang waktu tersebut, tepatnya tahun 1886, pembangunan pusat pendidikan militer dan fasilitas lainnya (RS Dustira, rumah tahanan militer, dll) dilakukan juga.

Di tahun 1935, Cimahi berubah tingkat menjadi kecamatan berdasarkan lampiran staad blad tahun 1935. Lalu, di tahun 1962, Cimahi naik tingkat lagi menjadi kewedanan dengan meliputi 4 kecamatan, yakni Cimahi, Padalarang, Batujajar, dan Cipatat.

Pada 29 Januari 1976, Cimahi statusnya dinaikkan lagi menjadi kota administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 29 tahun 1975. Sebab hal ini, Cimahi mencatatkan sejarah sebagai kota administratif (kotif) pertama di Jawa Barat dan ketiga di Indonesia.

BACA JUGA: Cuma Berjarak 4 KM dari Gedung Sate, di Sinilah Titik Tengah Provinsi Jawa Barat

Sebelum menjadi kotif, Cimahi tercatat sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung. Dengan menjadi kotif, Wali Kota Cimahi kala itu harus bertanggungjawab kepada Bupati Kabupaten Bandung.

Saat menjadi kotif, Cimahi menunjukkan pertumbuhan yang pesat, terutama di bidang pembangunan dan peningkatan jumlah penduduk. Kota yang memiliki wilayah seluas 4.025,73 hektar itu memiliki penduduk 352.005 jiwa pada tahun 2000. Angka ini naik sebesar 2,12 persen dibandingkan tahun 1990 dengan jumlah penduduk sebesar 290.202 jiwa.

Pertumbuhan yang pesat ini membuat tugas dan kewajiban pemerintah daerah menjadi bertambah. Pada akhirnya, 21 Juni 2001, Kota Cimahi tercatat dalam sejarah sebagai kota otonom sendiri di Provinsi Jawa Barat dan dipimpin oleh Pj Wali Kota Cimahi, Itoc Tochija. (*)

BACA JUGA: Dijuluki Gerbang Jawa Barat, Inilah Sejarah Terbentuknya Kota Banjar!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan