KBB Diguyur Hujan, Kebakaran TPA Sarimukti Mereda

JABAR EKSPRES – Hujan lebat sempat mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Hal itu membantu pengendalian kebakaran TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat.

Koordinator Pengelola TPA Sarimukti Riswanto menuturkan, sampai Minggu, 22 Oktober 2023 malam, wilayah Kecamatan Cipatat diguyur hujan lebat. Tingginya intensitas hujan membuat TPA Sarimukti tak terlihat memunculkan asap, terutama di zona 4.

“Alhamdulillah sangat membantu proses pemadaman. Zona 4 yang sebelumnya masih terlihat asap, setelah hujan turun asapnya sekarang sudah enggak terlihat,” kata Riswanto saat dihubungi, Senin, 23 Oktober 2023.

BACA JUGA: Masuk Jajaran 5 Besar Kota dengan Hunian Tidak Layak, Ini Jawaban Pemkot Bandung

Meski demikian, Riswanto belum bisa memastikan apakah pada bagian paling bawah gunungan sampah di zona 4 tersebut api sudah benar-benar padam.

“Asapnya memang tipis, tapi setelah diguyur hujan deras sama sekali tak ada asap. Namun demikian, kami tetap waspada. Mesti dilihat dalam beberapa jam ke depan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dalam kurun waktu tiga hari terakhir kondisi TPA Sarimukti terus membaik. Api sudah berhasil dikendalikan hanya menyisakan 2-3 titik asap, itupun sangat tipis.

“Sudah tidak ada lagi mobil pemadam kebakaran di TPA Sarimukti,” ucapnya.

Hanya saja, hujan deras tidak hanya membantu pemadaman api akan tetapi berdampak lain. Landasan menuju zona 1 yang kini digunakan sebagai tempat pembuangan menjadi becek dan licin.

BACA JUGA: Menumpuk dan Menutupi Ruas Jalan, Begini Kondisi TPS Cikutra…

“Karena landasannya becek dan licin, maka untuk hari ini pembuangan sampah dialihkan kembali ke zona super darurat,” kata Riswanto.

Pengalihan pembuangan, lanjutnya, dimanfaatkan untuk penataan landasan zona 1. Sehingga bila tidak becek dan licin dapat kembali dilintasi truk.

Diketahui, setelah ditutup selama dua bulan, pengelola TPA Sarimukti akhirnya kembali membuka zona 1 dan 2. Penutupan dilakukan akibat kebakaran yang melanda TPA untuk menampung sampah dari Bandung Raya.

Awal kebakaran terjadi pada  19 Agustus 2023 lalu. Api pertama kali terlihat di zona 4 pada Sabtu, 19 Agustus 2023, sekitar pukul 23.00 WIB. Berhasil dipadamkan, namun pada Minggu pagi menyala lagi hingga kemudian sulit dikendalikan. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan