PMI Kabupaten Bandung Kenalkan Aplikasi SiDoni Untuk Donor Darah

JABAR EKSPRES – PMI Kabupaten Bandung mulai gencar memperkenalkan aplikasi SiDoni atau Sistem Informasi Donor Darah Indonesia yang sudah mulai berjalan sejak 2 bulan terakhir.

Aplikasi SiDoni ini diklaim bisa mempermudah masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi terkait dengan donor darah.

Menurut Kepala Subag Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kabupaten Bandung, Binbin Irawan, keberadaan aplikasi SiDoni ini memiliki tujuan untuk untuk memudahkan masyarakat terutama pendonor untuk mendonorkan darahnya dan juga untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

“Memudahkan masyarakat juga untuk mengetahu informasi mengenai stock darah , dan juga terdapat kartu donor darah digital dimana pendonor sering terjadi lupa membawa kartu donor maka dengan aplikasi ini history donor tetap akan tercatat tanpa membawa kartu,” ujarnya saat ditemui di acara Donor DArah yang diselenggarakan DPW PKS Provinsi Jawa Barat, Jumat (20/10).

Baca juga : Manfaat Donor Darah, Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan !

Selain informasi tentang stok darah di PMI Kabupaten Bandung dan kartu donor darah digital, Aplikasi SiDoni ini juga mencantumkan informasi mengenai jadwal donor darah, sehingga akan lebih membantu untuk calon pendonor mendonorkan darahnya sesuai dengan jadwal yang mereka mau yang sudah di jadwalkan di aplikasi, sesuai dengan jadwal terakhir donor.

Binbin juga mengungkap, selama 2 bulan pengaktifan Apliaksi SiDoni ini, dinilai sangat efektif baik bagi petugas maupun bagi calon pendonor.

“Bagi kami petugas PMI, lebih terasa efektif terutama dari segi waktu, karena pendonor tinggal datang ke acara donor dan langsung periksa tanpa perlu ribet menulis lagi formulir isian buat donor,” jelasnya.

Sementara salah satu pendonor darah yang hadir bernama Devi Yuliana mengaku baru tahu tentang apliaksi SiDoni ini. Setelah mendapat penjelasan dan memiliki apliaksi ini di HPnya, dia merasa cukup terbantu dan memudahkan.

Baca juga : Fakta dan Mitos Soal Donor Darah, Bisa Bikin Kurus?

“Alhamdulillah jadi tidak perlu lagi antri dan pinjam pulpen untuk mengisi formulir, karena bisa isi formulir di mana saja. Apalgi nanti katanya diingatkan kalo sudah jadwalnya donor lagi, ini sangat membantu.” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan