Benarkah Donor Darah Membuat Badan Gemuk? Begini Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Donor darah tidak membuat badan gemuk, meskipun ada anggapan sebaliknya. Ini hanyalah sebuah mitos. Berikut penjelasan lengkapnya.

Setiap tanggal 14 Juni, di peringati sebagai Hari Donor Darah Sedunia yang mengajak masyarakat untuk secara rutin melakukan donor darah.

Mungkin ada anggapan bahwa donor darah dapat membuat badan gemuk, padahal sebenarnya tidak ada hubungan antara donor darah dan kegemukan.

Baca juga : Apa itu Stunting? Ini Penjelasannya Menurut Kemenkes

“Melakukan donor darah tidak akan menambah berat badan, namun justru dapat menyelamatkan nyawa,” ujar Mohamad Izameer Ashraf Mohd Amran, di Medical Officer di Universiti Putra Malaysia Teaching Hospital (HPUPM), seperti yang di kutip dari laman UPM.

Menurut Pinnacle Life Science, sebagian orang mungkin merasa lebih lapar setelah melakukan donor darah, dan hal ini adalah hal yang normal.

Tentu saja, jika asupan makanan meningkat tanpa di imbangi dengan aktivitas fisik, maka peningkatan berat badan bisa saja terjadi.

Namun, secara langsung donor darah tidak memiliki kaitan dengan kegemukan.

Sebaliknya, donor darah justru dapat membakar kalori. Di lansir dari laman Florida Department of Health, peneliti di University of California menemukan bahwa satu pintu darah yang di sumbangkan dapat membakar sekitar 650 kalori.

Meskipun demikian, donor darah bukanlah metode untuk menurunkan berat badan.

Cara sederhana untuk menurunkan berat badan adalah dengan menciptakan defisit kalori, yaitu mengeluarkan lebih banyak kalori daripada yang masuk.

Oleh karena itu, orang biasanya membatasi asupan kalori dan memilih sumber nutrisi yang sehat.

Sementara itu, Hari Donor Darah Sedunia juga mengingatkan akan pentingnya melakukan donor darah.

Baca juga : Kenali dan Deteksi Sejak Dini Penyakit Jantung Bawaan, Jangan Diabaikan!

Banyak orang dengan kondisi tertentu yang membutuhkan transfusi darah. Donor darah juga memiliki berbagai manfaat, seperti meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah.

Serta memberikan manfaat bagi manajemen berat badan dan kesehatan mental yang lebih baik.

Meskipun donor darah memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, tidak di sarankan untuk melakukan donor darah terlalu sering.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan