Polemik Rumah Deret Tamansari yang Tak Kunjung Rampung, Warga Pro vs Kelompok Eva vs Pemkot Bandung

JABAR EKSPRES – Proyek pembangunan Rumah Deret Tamansari, Kota Bandung kembali memanas Rabu, 18 Oktober 2023. Pemicunya, karena rencana penertiban satu bangunan semi permanen yang tersisa di kawasan proyek di Kecamatan Bandung Wetan itu.

Kini, menyisakan puing bangunan yang telah roboh dan hangus karena terbakar. Itu adalah bangunan semi permanen milik Eva, warga yang menolak pembangunan rumah deret tersebut.

Pantauan Jabar Ekspres, Kamis, 19 Oktober 2023, bangunan di salah sudut proyek rumah deret itu telah roboh. Nampak puing-puing rangka atap dan pintu yang hangus terbakar. Bahkan sudah menjadi arang. Atap yang terbuat dari seng juga sudah tidak ada yang berdiri. Dinding yang terbuat dari bata ringan juga hampir seluruhnya telah ambruk.

Diduga Dibakar Sendiri Oleh Eva

Kebakaran terhadap bangunan milik Eva itu memang terjadi saat keributan di kawasan itu pada Rabu (18/10) sore. Warga eks Tamansari atau Warga RW 11 yang pro pembangunan rumah deret merasa terfitnah bahwa bangunan itu dibakar oleh mereka.

Yoyo, warga eks Tamansari atau warga RW 11 menceritakan bahwa kejadian itu justru sebaliknya. Dugaannya justru bangunan itu dibakar sendiri oleh pihak Eva. “Kami difitnah bahwa rumah itu kami yang bakar,” katanya kepada Jabar Ekspres, Kamis, 19 Oktober 2023 petang.

BACA JUGA: Satu-satunya Warga yang Tersisa di Tamansari, Massa Baju Biru Gusur Paksa Rumah Eva

Yoyo melanjutkan, pihaknya memiliki bukti video yang menunjukkan dugaan bahwa pihak Eva sendiri yang menyulut api. “Kami punya bukti video jelas. Ini tidak bisa dipungkiri lagi. Rumah Eva dibakar sendiri daripada digusur. Dan posisi warga kami saat itu ada di luar bangunan,” jelasnya.

Nampak dalam video yang dimaksud, Eva yang saat itu berjaket dan beransel hijau keluar bangunan saat titik api mulai menyala dari dalam bangunan. Bahkan Eva kemudian memperbesar api dengan melempar barang-barang yang mudah terbakar ke nyala api.

Yoyo menerangkan, dalam kejadian tersebut petugas Satpol PP yang ada di lokasi juga langsung bergerak memadamkan api ketika Eva dan rekannya meninggalkan bangunan. Tujuannya mencegah agar api tidak membesar dan merembet ke bangunan lain di sekitar lokasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan