Disparbud Jabar Akan Adakan Event di BIJB Kertajati Akhir Oktober 2023

JABAR EKSPRES – Jelang operasi penuh Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang direncanakan pada tanggal 29 Oktober 2023 nanti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung.

Fasilitas pendukung yang nantinya akan dihadirkan, Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengaku bahwa pihaknya akan mengadakan sebuah event di setiap minggunya untuk meramaikan suasana di BIJB Kertajati. Bahkan, hal itu juga sesuai dengan permintaan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat melakukan kunjungannya pada Rabu, 18 Oktober 2023 kemarin.

BACA JUGA: Tak Cuma Indonesia, Orang Malaysia pun Tak Sabar Naik Kereta Cepat Whoosh

“Itu akan kami lakukan. Jadi pada weekend (akhir pekan), saya sudah berbicara dengan kabupaten kota yang ada di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) itu tolong diisi. Nah, kalau nanti mereka sudah tidak sanggup, Provinsi akan masuk,” ucapnya saat ditemui di Hotel El Royal Bandung, Kamis (19/10).

Benny menambahkan, Disparbud Jabar kini telah menyusun konsep dalam meramaikan pengoperasian penuh BIJB Kertajati. Bahkan pihaknya juga, telah meninjau seluruh area BIJB kertajati.

“Instruksi dari pak Pj (Gubernur) kemarin kepada kami untuk segera membangun itu dan kami kemarin sudah keliling ke seluruh area mana saja yg menjadi kedatangan dan keberangkatan yang notabenenya akan kami revitalisasi. Jadi nanti bagaimana caranya Kertajati (BIJB) ini ramai, dan ketika turun orang langsung tahu bahwa ini di Jabar,” ujarnya.

BACA JUGA: Sedang Main-main, Anak Usia 3 Tahun Jatuh ke Dalam Sumur Sedalam 14 Meter

Sementara itu, saat disinggung di akhir pekan pertama usai pengoperasian penuh apa yang akan dilakukan nanti di BIJB Kertajati, Benny menuturkan bahwa Disparbud Jabar akan mengadakan sebuah Famtrip (perjalan wisata) ke beberapa destinasi wisata di sekitar BIJB.

“Akan ada Famtrip, jadi itu kami mengundang media dari Malaysia, lalu kedubes (kedutaan besar), Air line nya itu sendir, dan itu akan kami ajak ke destinasi-destinasi wisata di kawasan Ciayumajakuning (sekitar BIJB). Sehingga nanti kita biarkan mereka untuk mempromosikan itu,” pungkasnya. (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan