Update Ranking FIFA, Indonesia Dipastikan Naik Usai Bantai Brunei dengan Agregat 12-0

JABAR EKSPRES- Perbaruan peringkat FIFA Timnas Indonesia pasca-kemenangan 6-0 melawan Brunei Darussalam pada leg II Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menjadi perbincangan.

Hasil ini mendorong Timnas Indonesia naik ke peringkat 145 dunia setelah dua kemenangan beruntun melawan Brunei Darussalam dalam babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA: Brazil Telan Kekalahan Lawan Uruguay dengan Skor 0-2 di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebelum dimulainya babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia menempati peringkat 147 dunia.

Berdasarkan perhitungan dari football-ranking.com, kemenangan gemilang 6-0 melawan Brunei pada leg I, yang berlangsung pada Kamis, 12 Oktober 2023, mengantarkan Timnas Indonesia naik satu peringkat menjadi peringkat 146 dunia, dengan total 1,061.53 poin. Prestasi ini juga menyebabkan St Kitts and Nevis harus memberi jalan bagi pergerakan Timnas Indonesia dalam peringkat tersebut.

Setelah dua kemenangan dominan atas Brunei Darussalam dengan agregat skor 12-0, Timnas Indonesia diperkirakan akan mengalami kenaikan peringkat FIFA sebesar dua hingga tiga peringkat.

Selain berhasil meloloskan diri ke tahap kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Indonesia juga diprediksi akan mendapatkan peningkatan peringkat yang signifikan dalam ranking FIFA.

Meskipun saat ini FIFA belum merilis peringkat terbaru setiap anggota untuk periode Oktober, beberapa pihak telah memberikan gambaran prediksi tentang perubahan peringkat yang mungkin terjadi setelah jeda internasional bulan Oktober.

Akun Footy Ranking memproyeksikan kenaikan satu hingga dua peringkat bagi Timnas Indonesia setelah dua kemenangan atas Brunei. Dengan demikian, Indonesia berpotensi menempati peringkat ke-145 dengan total poin 1.069,82 atau bertambah sebanyak 8,29 poin.

Di sisi lain, situs Football Ranking mencatat bahwa Vietnam, meskipun mengalami kekalahan 0-6 dari Korea Selatan, diperkirakan tidak akan mengalami penurunan peringkat dan tetap berada di peringkat 94 dunia. Meskipun Vietnam kalah dalam tiga pertandingan terakhir mereka melawan China, Uzbekistan, dan Korea Selatan, peringkat mereka masih tetap tidak tergeser oleh tim-tim lain.

Sementara itu, Malaysia melaporkan penurunan tiga peringkat ke posisi 137 setelah kalah 0-2 dari Tajikistan dalam final Pestabola Malaysia, meskipun sebelumnya mereka berhasil meraih kemenangan 4-2 atas India di babak semifinal. Filipina juga diperkirakan akan mengalami penurunan signifikan dalam peringkat FIFA, yaitu sebanyak enam peringkat, setelah menang 1-0 melawan Kirgistan dan mengalami kekalahan 0-1 dari Bahrain. Filipina diperkirakan akan turun ke peringkat 138 dunia dalam ranking FIFA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan