Habib Syarief: Yayasan Assalaam Bandung Pionir Khitanan Massal

BANDUNG – Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Yayasan Assalaam Kota Bandung menyelenggarakan khitanan massal sekaligus menggelar tabligh akbar bersama Buya Arrazy Hasyim, Minggu 15 Oktober 2023.

Ketua Umum Yayasan Assalaam, Habib Syarief Muhammad Al Aydrus mengatakan, khitanan massal kali ini diikuti anak-anak yang merupakan warga Kota Bandung dan sekitarnya.

Sementara anak-anak yang mengikuti khitanan massal tersebut berjumlah 168 peserta dengan rincian, 73 anak laki-laki dan 95 anak perempuan.

Selain khitanan massal, Yayasan Assalaam Bandung juga menggelar tabligh akbar bersama Buya Arrazy Hasyim.

“Ini merupakan kegiatan rutin Yayasan Assalaam Bandung ketika memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya anak yatim, tapi juga tidak menutup kemungkinan bagi yang kurang mampu,” ungkapnya, Minggu 15 Oktober 2023.

Menurutnya Habib Syarief, Yayasan Asslaam merupakan salah satu pionir dalam pelaksanaan khitanan massal di Indonesia. Mengingat kegiatan ini, sudah terlaksana sejak tahun 1935 untuk khitanan massal perempuan dan tahun 1952 untuk khitanan massal laki-laki.

Ia menerangkan, pihaknya menggelar khitanan massal setiap tahunnya untuk perempuan mencapai 600 orang dan laki-laki sekitar 400 orang. Namun dengan semakin banyak penyelenggaran serupa, maka jumlah pesertanya juga ikut menurun.

“Yayasan Assalaam Bandung mungkin merupakan pionir khitanan massal. Dulu itu kebanyakan merupakan anak-anak para pejuang dan pahlawan, terutama ketika peristiwa Bandung Lautan Api,” pungkasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan