Kemarau Ektrem, Kowarteg Ganjar Bagikan Vitamin dan Cek Kesehatan Gratis di Bekasi untuk Jaga Kesehatan Warga

BEKASI – Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia yang berisi para sukarelawan Ganjar Pranowo membantu menjaga kesehatan masyarakat pada musim kemarau ektrem saat ini.

Mereka menunjukkan kepeduliannya lewat pembagian vitamin dan cek kesehatan gratis bagi warga di Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Minggu 15 Oktober 2023 sore.

“Ada cek kolesterol dan cek tekanan darah. Selain itu, ada pembagian vitamin juga untuk menjaga kesehatan. (Bantuan vitamin) nantinya dibagikan kepada masyarakat sekitar,” kata Koordinator Daerah (Korda) Kowarteg Kota Bekasi, Lina Rofiana.

Vitamin yang dibagikan kepada warga diharapkan mendorong mereka untuk terus mengonsumsinya secara rutin sehingga dapat menjadi kebiasaan baik ke depannya seperti halnya kebiasaan minum air mineral yang cukup.

Imbauan itu disampaikan kepada para peserta cek kesehatan oleh seorang tenaga kesehatan bernama Desi Ayu Awaliah yang bertugas pada kesempatan kali ini.

“Masyarakat diimbau untuk banyak minum air putih mengingat cuaca sekarang panas banget, untuk menghindari dehidrasi. Diimbau untuk masyarakat untuk mengonsumsi vitamin minimal satu kali sehari, untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar terhindar dari serangan penyakit,” tuturnya.

Selain membiasakan diri untuk mengonsumsi vitamin dan menambah asupan air mineral, Desi juga mengingatkan warga agar menjaga pola hidup sehat termasuk memakan makanan bergizi seimbang.

“Untuk makanan tidak ada (yang perlu dihindari). Mungkin, dengan cuaca yang panas, makan makanan yang dapat menimbulkan (penyakit) misalkan makanan yang pedas itu bisa meningkatkan asam lambung juga. (Seperti halnya) makanan yang asam juga,” kata Desi.

Para sukarelawan Kowarteg Indonesia sengaja menggelar kegiatan tersebut di tengah pemukiman padat penduduk di Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Alasannya, agar warga mudah mengakses lokasi cek kesehatan gratis itu sehingga tidak perlu mengeluarkan waktu, tenaga dan biaya transportasi dari rumah ke lokasi kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali karena mungkin musim (yang buruk) begini, cuaca yang begini, sangat ekstrem sekali. Jadi, dengan kehadiran Kowarteg Indonesia ini sangat membantu kami,” kata salah seorang warga, Catur mengapresiasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan