Cara Alami Hilangkan Ketombe Tanpa Shampo Khusus, dari Oatmeal Hingga Yoghurt

JABAR EKSPRES – Menghilangkan ketombe yang menempel di kulit kepala memang kadang susah dilakukan. Apalagi bila pemicu tumbuhnya ketombe masih terus terjadi. Namun ada cara cepat dan alami untuk hilangkan ketombe dengan bahan-bahan yang tak akankamu duga.

Metode atau cara alami yang terbukti ampuh hilangkan ketombe menggunakana beberapa bahan ini, akan efektif jika dilakukan dengan cara yang benar dan konsisten.

Memang banyak orang memilih menghilangkan ketombe dengan cara yang praktis yakni menggunakan shampo khusus anti-ketombe, namun kandungan bahan kimia dalam shampo tersebut bisa merusak rambut atau bahkan menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Alih-alih ketombe hilang tapi malah muncul masalah baru pada rambut atau kulit kepala yang lain.

Karenanya, agar lebih aman hilangkan ketombe bisa dengan menggunakann metode alternatif lain, diantaranya dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Baca juga : Cara Paling Ampuh! Tips Merawat Rambut Ketombe

Berikut beberapa metode alternatif yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe:

1. Menggunakkan Minyak Kelapa

Cara hilangkan ketombe dengan minyak kelapa adalah dengan , mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan pijat perlahan. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman sebelum keramas.

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang dapat membantu mengurangi ketombe.

2. Cuka Apel

Cara kedua adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:1, lalu oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama 15-20 menit sebelum keramas. Cuka apel dapat membantu mengontrol pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

3. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi ketombe. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan biarkan selama 15-20 menit sebelum keramas.

4. Minyak Tea Tree

Campurkan beberapa tetes minyak tea tree ke dalam minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu pijatkan ke kulit kepala. Minyak tea tree memiliki sifat anti-jamur dan dapat membantu menghilangkan ketombe.

Baca juga :  Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Tanpa Merusak Rambut, Wajib di Coba!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan