7 Cara Menghilangkan Ketombe Agar Kulit Kepala Lebih Sehat!

JABAR EKSPRES – Menghilangkan ketombe bisa menjadi proses yang berbeda-beda untuk setiap orangnya, tergantung pada penyebabnya. Namun, ada beberapa cara yang umum yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe.

Ketombe sendiri merupakan kulit kepala yang bersifat kronik yang dapat ditemukan pada skuama atau serpihan kulit kepala atau dapat juga seperti pengelupasan kulit lapisan tanduk secara berlebihan dari kulit kepala dengan berwarna putih ke abuan atau puting ke kuningan yang berminyak.

Berikut terdapat beberapa tips yang mungkin dapat membantu menghilangkan ketombe, diantaranya:

Cara Menghilangkan Ketombe

  • Sampo anti-ketombe

Gunakan sampo yang dirancang khusus untuk mengatasi ketombe. Pilih sampo yang mengandung bahan seperti pyrithione zinc, selenium sulfide, ketoconazole, atau salicylic acid. Gunakan sampo ini secara teratur sesuai petunjuk pada kemasan.

  • Jangan menggunakan air panas

Cuci rambut dengan air hangat atau suam-suam kuku, hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat mengiritasi kulit kepala.

BACA JUGA: Muncul Varian Baru Covid-19 Eris, Apa Perbedaannya dengan Omicron?

  • Cuci rambut secara teratur

Cara menghilangkannya yaitu dengan membersihkan rambut secara teratur dapat membantu mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati yang menyebabkan ketombe.

  • Jangan menggaruk kulit kepala

Hindari menggaruk kulit kepala karena dapat membuat iritasi semakin parah.

  • Hindari stres

Stres dapat menjadi pemicu ketombe, cobalah mengelola stres dengan olahraga, meditasi, atau kegiatan lain yang menenangkan.

BACA JUGA: Waspadai Beberapa Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah!

  • Konsumsi makanan bergizi

Asupan makanan yang seimbang dan bergizi dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

  • Hindari penggunaan produk rambut yang berlebihan

Beberapa produk rambut, seperti gel atau hairspray, dapat menyebabkan penumpukan dan memperburuk ketombe.

Setiap orang memiliki kondisi kulit kepala yang berbeda, dengan begitu mungkin dibutuhkan beberapa metode percobaan dan kesabaran untuk menemukan cara terbaik untuk menghilangkan dan mengatasi ketombe pada diri kamu.

 

Tinggalkan Balasan