Tips Mengatasi Trauma Masa Lalu yang Berpotensi Menjadi Gangguan Kesehatan Mental

JABAR EKSPRES – Banyak orang yang masih terjebak dengan kondisi terganggu pada trauma masa lalu. Ada yang bisa mengatasinya, namun ada juga yang masih menyimpannya hingga bisa berpotensi menjadi gangguan pada kesehatan mentalnya.

Trauma pada kejadian di masa lalu, memang berbeda kondisinya pada setiap orang. Namun jika tidak diatasi dan masih disimpan, bisa jadi suatu saat akan berdampak pada kesehatan mentalnya.

Menyimpan trauma seperti menyimpan penyakit yang suatu saat bisa menjadi semakin parah. Karenanya harus ada langkah-langkah tepat untuk mengatasinya dan menyelesaikannya, sehingga tidak akan kembali muncul dan menyebabkan masalah dikemudian hari.

Mengatasi trauma masa kecil yang terus mengganggu hingga dewasa dapat menjadi proses yang kompleks, tetapi dengan dukungan dan upaya yang tepat, banyak orang dapat memulihkan diri dan mengembangkan cara-cara untuk mengelola dampak trauma tersebut.

Baca juga : Masih Trauma, Begini Kondisi Anak Balita di Sukabumi yang Dianiaya Ayah Kandung Gegara Minta Jajan

Berikut beberapa tips dan langkah yang bisa diambil untuk dapat membantu mengatasi masalah trauma dimasa lalu:

1. Mencari Bantuan Profesional

Konsultasikan dengan seorang terapis atau konselor yang memiliki pengalaman dalam mengatasi trauma masa kecil. Terapis ini dapat membantu Anda memahami dampak trauma, mengatasi perasaan, dan mengembangkan strategi untuk mengelola mereka.

2. Terapi Trauma

Terapi kognitif-perilaku (CBT), terapi trauma berfokus pada pengolahan mata, dan terapi EMDR (Eye Movement Desensitization and Reprocessing) adalah beberapa bentuk terapi yang efektif untuk mengatasi trauma masa kecil. Terapis akan membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pola pikir dan respons yang merugikan.

3. Meditasi dan Relaksasi

Latihan meditasi, pernapasan dalam, dan teknik relaksasi lainnya dapat membantu Anda mengurangi stres dan kecemasan yang terkait dengan trauma. Ini dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan terkendali.

4. Aktivitas Fisik

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental Anda.

5. Menjaga Keseimbangan Hidup Sehat

Pastikan Anda tidur dengan cukup, makan makanan sehat, dan menjaga pola makan yang seimbang. Ketidakseimbangan fisik dapat memperburuk gejala trauma.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan